Stress, Pemicu Terbesar Rambut Beruban Sejak Dini

DokterSehat.Com – Salah satu bagian tubuh yang bisa mempengaruhi penampilan fisik dengan signifikan adalah rambut. Banyak orang yang mendambakan rambut dengan tampilan yang sehat. Namun, kini semakin banyak orang, khususnya yang masih berusia muda yang mendapati rambut mereka mulai tumbuh uban. Sebagaimana diketahui, uban biasanya muncul pada mereka yang sudah lanjut usia.  Apa sajakah pemicu munculnya uban pada rambut sejak dini?

doktersehat-kutu-rambut-gatal

Pakar kesehatan Angela Lamb, M.D yang merupakan dokter di Rumah Sakit Mount Sinai menyebutkan jika ada banyak hal yang mempengaruhi warna rambut; baik itu melanin, atau bahkan pigmen yang juga berperan besar dalam warna kulit dan warna mata. Rambut yang mulai beruban biasanya mulai kehilangan melaninnya. Yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana melanin pada rambut bisa mulai berkurang pada usia muda?

Pakar kesehatan lainnya, Jennifer Lin yang berasal dari Harvard Cancer Center di Boston menyebutkan jika stress menjadi pemicu utama dari munculnya uban pada rambut mereka yang masih berusia muda. Menurut beliau, stress akan mempercepat proses penurunan melanin dan bisa membuat masalah kerontokan rambut. Stress akan benar-benar mengubah warna rambut dengan bertahap di usia muda. Hormon stress ternyata akan membuat sinyal-sinyal yang memerintahkan melanosit yang mengantarkan melanin ke keratinosit akan terganggu sehingga pigmen pada rambut pun tidak akan terjaga dengan baik dan muncullah rambut beruban.

Selain masalah stress, pemicu lain yang menyebabkan rambut beruban sejak dini adalah faktor genetik dan juga gaya hidup yang buruk. Terdapat sebuah penelitian dimana ada gen khusus, yakni IRF4 yang akan menyebabkan seseorang lebih mudah beruban di usia muda dibandingkan dengan orang lain. Jika dikombinasikan dengan gaya hidup yang buruk layaknya merokok, maka rambut pun juga akan cenderung lebih tidak sehat dan berpotensi menyebabkan masalah uban lebih cepat terjadi.