Stress Memicu Wajah Kusam dan Kurang Menarik

DokterSehat.Com – Secantik atau setampan apapun anda, jika anda menampilan wajah yang kusam dan terkesan kurang terawat setiap hari, maka orang pun tidak akan ada yang tertarik dengan anda. Wajah yang kusam akan cenderung membuat kesan tidak segar dan kurang nyaman untuk dipandang. Padahal, masyarakat yang tinggal di kota besar yang sering sekali terpapar polusi dan juga terkena stress karena aktifitas harian tentu akan lebih sering membuat wajahnya terlihat kusam dan kurang menarik. Stress sendiri ternyata bisa memicu hormon kortisol, sebuah hormon yang bisa membuat kulit terlihat kusam dan mengalami beberapa masalah kulit layaknya jerawat.

shutterstock_350641364 copy

Saat tubuh mengalami stress dan sering terkena paparan polusi, organ-organ tubuh pun akan kekurangan asupan darah. Kondisi ini bisa memicu kurangnya kadar kolagen pada wajah sehingga pada akhirnya memicu wajah terlihat lebih kusam. Dalam beberapa kasus, stress juga bisa memicu pembesaran pori-pori, kulit yang lebih kasar dan kering, kerutan, hingga flek atau bintik-bintik yang tentu saja akan mengurangi kepercayaan diri dengan signifikan. Selain stress, beberapa masalah lain layaknya kelelahan, kurang tidur, hingga kurangnya olahraga juga bisa memicu masalah kulit pada wajah.

Untuk mengatasi wajah yang terlihat kusam, kita tentu harus rajin-rajin melakukan perawatan pada wajah. Selain dibersihkan dengan memakai sabun muka yang memiliki kadar pH yang tepat, kita juga sebaiknya memakai masker wajah setidaknya sekali atau dua kali dalam seminggu sehingga wajah pun akan lebih ternutrisi sehingga kekusaman pun bisa dihilangkan. Penggunaan tabir surya juga direkomendasikan untuk mencegah kusam pada wajah tidak lagi terjadi.

Selain melakukan perawatan pada wajah, kita juga harus memperhatikan asupan makanan dan minuman sehari-hari agar kulit kita pun bisa ternutrisi dengan baik. Makanan-makanan yang banyak mengandung vitamin A, vitamin C, dan juga vitamin E sebaiknya kita penuhi mengingat kandungan-kandungan tersbuet bisa menjaga kulit wajah dari masalah kulit kering, mengurangi masalah iritasi, hingga menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik. Selain itu, kita juga harus mengkonsumsi air putih dengan cukup sehingga wajah pun bisa tetap terasa lebih segar setiap saat.