Stress? Cobalah Untuk Pergi ke Pusat Kebugaran Untuk Meredakannya

DokterSehat.Com – Liburan ke berbagai tempat wisata layaknya yang dilakukan saat akhir tahun seperti sekarang ini adalah salah satu cara yang paling efektif untuk menghilangkan stress pada tubuh kita. Sayangnya, tidak semua orang memiliki waktu atau bahkan uang yang cukup untuk melakukannya. Beruntung, menurut pakar kesehatan, stress yang berasal dari tekanan pekerjaan, tekanan ekonomi, dan berbagai masalah lainnya ini sebenarnya bisa dilakukan dengan cara lain dan lebih mudah, yakni dengan pergi ke pusat kebugaran.

doktersehat-olahraga-senam

Meskipun terlihat tidak terlalu berbahaya, pakar kesehatan menyebutkan jika stress adalah salah satu pemicu masalah kesehatan psikis dan fisik yang berbahaya. Sebagai contoh, depresi, tekanan darah tinggi, peningkatan tekanan darah, hingga resiko penyakit jantung bisa meningkat andai kita membiarkan stress ini tetap ada.

Berdasarkan hasil penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal Medicine and Science in Sport and Medicine, diketahui bahwa mereka yang memiliki tubuh yang bugar cenderung lebih baik dalam mengatasi stress. Pada penelitian ini, ada 200 karyawan dari Swedia yang dilibatkan. Para karyawan ini diukur tingkat kebugaran tubuhnya, faktor resiko penyakit jantung, indeks massa tubuh, sekaligus level stressnya. Dari penelitian ini, diketahui bahwa mereka yang stress cenderung memiliki resiko sangat besar untuk terkena penyakit jantung. Andai mereka yang stress juga memiliki tubuh yang tidak bugar, maka mereka cenderung memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Sebaliknya, andai mereka yang stress mau rutin pergi ke pusat kebugaran untuk melakukan latihan fisik, maka resiko terkena penyakit jantung pun menurun dengan signifikan.

Menurut pakar kesehatan, munculnya stress memang cenderung membuat seseorang lebih malas untuk melakukan berbagai hal, termasuk berolahraga. Padahal, dengan melakukan olahraga, kita justru bisa menghilangkan stress sekaligus mendapatkan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh.