Stress? Cobalah Mewarnai Gambar

DokterSehat.Com – Salah satu penyakit yang cukup banyak menyerang masyarakat modern adalah stress. Tanpa disadari, pekerjaan yang memberikan tuntutan cukup tinggi atau bahkan berbagai masalah lainnya bisa membuat kita menjadi stress dan pada akhirnya ikut berimbas pada menurunnya kesehatan fisik. Berbagai cara pun dilakukan agar masalah stress ini bisa hilang, layaknya dengan rutin merefresh pikiran pada akhir pekan. Namun, pernahkah anda mencoba sebuah trik sederhana yakni dengan mewarnai gambar? Meskipun terlihat sepele, mewarnai gambar ternyata akan sangat efektif membuat stress kita menghilang.

doktersehat-anak-bermain

Dalam dua tahun belakangan, banyak orang yang ingin mendapati stress mereka semakin menurun dengan cara mewarnai gambar. Bahkan, kini ada buku mewarnai yang memang dikhususkan bagi orang dewasa. Dengan melakukan pewarnaan pada gambar, kita bisa membuat stress dan depresi semakin menurun sekaligus mencegah masalah kejiwaan ini bisa muncul di masa-masa mendatang.

Saat kita mewarnai gambar, tubuh ternyata mendapatkan efek positif bagi kesehatan yang setara dengan kita melakukan meditasi! Hal ini dikarenakan saat mewarnai, otak kita akan cenderung tidak memikirkan berbagai masalah yang kita hadapi sebelumnya dan sibuk berpikir tentang warna-warna yang sekiranya cocok untuk ditempatkan pada gambar dan membayangkan hasil dari gambar yang kita warnai. Pakar kesehatan dr Joel Pearson dari University of New South Wales, Australia bahkan menyebutkan jika saat otak berpikir tentang ukuran, bentuk, garis, hingga kombinasi warna, maka rasa cemas berlebihan, kekhawatiran berlebihan, dan juga depresi akan bisa menghilang.

Selain bagi penderita stress, penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2006 di Amerika Serikat juga menunjukkan fakta menarik dimana para penderita kanker mengikuti terapi menggambar, mewarnai, dan berbagai aktifitas seni lainnya. Terapi ini ternyata dengan efektif membuat tekanan fisik dan emosional selama proses pengobatan berlangsung menurun dengan signifikan, khususnya dalam hal mengurangi rasa depresi, kecemasan berlebihan, hingga masalah dementia. Jadi, tak perlu ragu lagi, kita pun bisa mewarnai jika kita memang sedang ingin menghilangkan stress, bukan?