Stress Bisa Menyebabkan Rambut Beruban dan Kerontokan

DokterSehat.Com– Dalam sebuah data kesehatan tahun 2015 hingga 2016 yang dipublikasikan oleh Health and Safety di Inggris, diketahui bahwa wanita dengan usia 25 hingga 44 tahun sangatlah rentan untuk terkena stress. Berbagai penyebab stress tersebut sangatlah bervariasi, dari yang disebabkan oleh tuntutan pekerjaan, kondisi keluarga, atau bahkan pengaruh lingkungan layaknya polusi yang banyak didapatkan oleh wanita yang tinggal di area perkotaan. Jika kaum hawa tidak mampu mengendalikan stress tersebut dengan baik, maka mereka pun akan lebih beresiko terkena berbagai macam masalah kesehatan.

doktersehat-rambut-rontok-daun-jambu-biji

Salah satu bagian tubuh yang tak diduga juga bisa merasakan dampak dari stress adalah rambut dan kulit kepala. Menurut pakar kesehatan dr. Lilik Norawati, SpKK, saat rambut kita terkena masalah gatal-gatal, ketombe, kerontokan, rambut pitak, atau kulit kepala kemerahan, maka bisa jadi hal ini disebabkan oleh stress.

Dr. Lilik menyebutkan bahwa rambut sebenarnya mampu menggambarkan kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Saat kita sedang dalam kondisi tidak sehat, maka rambut akan mengalami masalah kesehatan layaknya mengalami kerontokan yang tidak wajar, yakni lebih dari 150 helai rambut setiap hari. Selain itu, stress yang berlebihan juga bisa menyebabkan rambut kehilangan pigmennya sehingga akan membuat rambut beruban di usia muda.

Untuk mengatasi masalah kesehatan pada rambut dan kulit kepala, ada baiknya memang kita melakukan perawatan rambut dengan lebih baik layaknya dengan mencucinya secara teratur, menggunakan shampoo khusus, atau memakai produk yang bisa menutrisi rambut. Hanya saja, dr. Lilik juga menyarankan kita untuk mengendalikan stress dengan lebih baik dan menjaga gaya hidup sehat, khususnya dalam hal menjaga waktu tidur yang cukup dan mengkonsumsi makanan sehat yang bisa membantu menutrisi rambut dan kulit kepala.