Stress Bisa Memicu Masalah Kesehatan Berikut

DokterSehat.Com – Masyarakat modern memiliki resiko besar untuk mengalami stress. Bagaimana tidak, tuntutan pekerjaan di dunia modern semakin besar dan seakan-akan tidak pernah berhenti. Selain itu, di saat menuju atau kembali dari tempat kerja, kita juga sudah disuguhi dengan kemacetan yang melelahkan. Bahkan, kala baru saja sampai di rumah, berbagai pekerjaan rumah harus segera dilakukan sebelum benar-benar baru bisa beristirahat. Rutinitas yang menjemukan ini tentu akan membuat stress parah bagi beberapa orang. Yang menjadi masalah adalah pakar kesehatan menyebutkan jika stress akan berimbas buruk bagi kesehatan tubuh seperti sebagai berikut.

doktersehat-hipertensi-tekanan-darah-tinggi-jantung-stroke

Sebuah penelitian di Swedia menyebutkan adanya fakta unik dari mereka yang cenderung mengalami stress berat saat melakukan pekerjaan dimana 39 persen diantaranya justru mengalami gangguan pendengaran. Pakar kesehatan menyebutkan jika hormon stress atau kecemasan berlebihan akan membuat stimulus pada respetor koklea telinga sehingga akan memicu rasa sakit.

Stress ternyata juga bisa berpengaruh besar pada produktifitas sesorang dimana sebuah penelitian yang dilakukan di Yale University, menyebutkan jika seseorang yang terkena stress akan cendernyng membuat kadar protein dalam tubuh meningkat dan pada akhirnya menurunkan kinerja otak dengan keseluruhan.

Stress ternyata juga bisa memicu masalah berupa perut yang tidak nyaman dan mual-mual. Pakar kesehatan menyebutkan jika ada kemungkinan stress merangsang hormon stress secara lerbebihan sehingga kinerja proses pencernaan tubuh menjadi tidak lancar kembali.

Meskipun cukup jarang terjadi, namun beberapa orang melaporkan tubuhnya mengalami gatal-gatal luar biasa saat terkena stress yang sangat berlebihan layaknya  munculnya ruam-ruam kemerahan yang tentu akan sangat menyiksa. Stress diyakini ikut mampu membuat bagian tubuh yang seharusnya mengendalikan rasa gatal tidak bisa benar-benar berkerja dengan baik.