Stres, Tidak Kelihatan Tapi Bisa Membunuh Pelan-Pelan

Dokter Sehat – Setiap hari kita menghadapi banyak hal yang menyebabkan kita merasa stress, merasa stres berarti berada di bawah ketegangan. Kita mempelajari bahwa ketegangan mental dan fisik tersebut menyebabkan kerusakan besar pada kita, hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika ketegangan itu berakumulasi, seseorang menjadi lebih rentan terhadap penyakit jasmani, penderitaan mental emosional, dan kecelakaan. Berbagai bagian tubuh dipengaruhi langsung oleh stress otak, kulit, rambut, paru-paru, jantung, sistem pencernaan, organ-organ reproduksi, ginjal dan otot.

14

Stress bisa disebabkan lingkungan, kepribadian, sikap mental, atau peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekitar kita. Beberapa faktor tersebut di luar kendali kita. Namun kita dapat mengendalikan cara kita bereaksi terhadap pemicu stress dalam kehidupan kita. Kita harus mengakui bahwa kita terlalu berat membebani kemampuan kita untuk menangani stress, tetapi kita terus menumpuknya atau mengizinkan orang lain menumpuknya. Salah satu alasannya adalah penyangkalan. Kita tidak percaya begitu saja bahwa sesuatu yang buruk dapat terjadi kepada kita.

Banyak yang meremehkan stres, padahal stres adalah penyebab utama berbagai penyakit. Dilansir oleh healthline.com, stres bisa membunuh diam-diam dengan cara ini :

1.Stress membawa penyakit
Penelitian di Johns Hopkins University menunjukkan bahwa orang-orang yang mengalami stres kronis dikaitkan dengan munculnya kanker, penyakit paru-paru, kerusakan hati bahkan memicu bunuh diri. Anak-anak yang mengalami stres saat masih kecil sangat mungkin mengembangkan penyakit tersebut saat dewasa.

2.Stress pengaruhi hubungan cinta dan keluarga
Yang ini sudah pasti terjadi, stres akan berpengaruh pada kualitas hubungan cinta. Seseorang jadi mudah emosi dan tidak dapat berpikir jernih saat mengalami stress, penelitian terdahulu menunjukkan bahwa stres dapat menyebabkan impotensi dan menurunkan hasrat seksual.

Baca Juga:  2 Cara Sederhana Terbaik Mengatasi Stress

3.Stress menghancurkan gigi
Penelitian lain menemukan bahwa stres ternyata juga dapat membawa masalah pada kesehatan gigi. Gigi jadi lebih tipis, sering ngilu dan menyebabkan berbagai masalah gusi. Bahkan, stres juga bisa memicu bau mulut. Maka jauh-jauhlah dari stres.

4.Stress merusak jantung
Penyakit jantung atau serangan jantung sering terjadi karena yang bersangkutan mengalami stres parah. Stres secara perlahan akan merusak otot jantung, mengacaukan denyut jantung dan merusak pembuluh darah. Makin besar tekanan stres yang Anda hadapi, makin keras kerja jantung. Banyak peristiwa kematian mendadak terjadi karena stres dan pengaruh langsungnya pada jantung.

Semoga informasi ini membuat Anda menyadari bahaya stres. Walau tidak tampak, tapi dia bisa membunuh pelan-pelan.