Stres Juga Bisa Menyebabkan Cegukan

DokterSehat.Com – Setiap orang pasti pernah mengalami cegukan. Selain terjadi tiba-tiba, cegukan yang tak bisa berhenti bisa membuat jengkel. Seseorang kadang bisa sampai stres jika cegukan yang dialaminya tak kunjung hilang atau berhenti.

5

Dokter umum, dr Nydia Rena Benita mengatakan, sampai sekarang penyebab pasti cegukan belum diketahui secara pasti.

Tapi menurut beberapa pakar, cegukan muncul karena ada peregangan di rongga perut. Ada juga yg mengatakan karena ada iritasi atau radang di otot diafragma yakni otot di perut yang membantu gerak pernapasan.

Sebagian orang hanya tahu peregangan otot yang menyebabkan cegukan disebabkan cara makan dan minum yang terlalu terburu-buru. Namun ternyata banyak penyebab lainnya juga.

Yang paling sering dipahami orang memang karena makanan dan minuman. Bukan hanya makan dan minum yang terlalu terburu-buru tapi juga karena makan dan minum terlalu panas ataupun terlalu dingin, jelas dokter yang juga Duta Wisata Jateng 2014.

Ternyata, terkadang kondisi psikis seseorang juga memicu cegukan, misalnya saat sedang stres. Perubahan suhu juga bisa menyebabkan cegukan.

Biasanya, cegukan akan muncul tiba-tiba dan segera hilang, tidak lebih dari satu jam. Tetapi apabila seseorang cegukan sangat lama, melebihi enam jam bahkan hingga satu hari, sebaiknya segera periksa ke dokter untuk segera diobati.

Karena ada penelitian yang menemukan bahwa cegukan merupakan indikasi suatu penyakit. Diantaranya gangguan syaraf dan penyakit jantung. Meski demikian kasus seperti ini sangat jarang terjadi.