Strategi Ampuh Mengenalkan Jenis Makanan Baru Pada Bayi

DokterSehat.Com – Mengenalkan makanan pada bayi (MPASI) selain sebagai proses makan, juga sebagai proses pembelajaran. Bagi pasangan muda atau yang baru memiliki anak hal semacam ini bisa jadi bukan perkara gampang. Akan banyak muncul pertanyaan seperti MPASI apa yang baik untuk kesehatan dan perkembangan sikecil?, Kapan dan bagaimana sebaiknya mengenalkan makanan bayi tersebut?. Usia 0-6 Bulan adalah periode dimana bayi masih harus mendapatkan ASI eksklusif karena ini adalah makanan satu-satunya yang diperlukan pada usia tersebut. MPASI baru bisa diberikan setelah usia 6 bulan.



Cara mengenalkan makanan baru pada bayi :

  1. jika bayi menolak
    Bersabarlah, umumnya butuh sekitar 10 kali pengenalan hingga dia mau menerima jenis makanan yang masih asing baginya. Sebaiknya Anda tetap mencoba.
  1. satu jenis pada satu waktu
    Jangan memaksakan untuk mengenalkan berbagai jenis makanan sekaligus, mulailah dengan mengenalkan satu jenis makanan pada satu waktu secara perlahan-lahan.
  1. Pilih waktu santai
    Jika dia sedang lelah, si kecil akan menjadi tidak mudah menerima sesuatu yang baru. Jadi, hindari mengenalkan makanan baru pada saat di lelah atau hari yang sibuk.
  1. Tanpa rasa tambahan
    Anda mungkin ingin menambahkan garam atau gula agar si kecil mau menerima makanan yang Anda tawarkan. Sebenarnya tindakan ini tidak perlu, bayi belum mengenal banyak rasa, sebaiknya kenalkan dahulu rasa asli makanan agar nantinya dia dapat menerima bahan makanan yang memiliki rasa hambar seperti sayuran tanpa penolakan.
  1. Ajarkan makan sendiri
    Selain menyuapinya dengan sendok, biarkan si kecil memegang sendok sendiri. Saat dia asyik berusaha makan dengan sendoknya, Anda dapat menyelipkan sesendok makanan ke mulutnya.