Stop Jangan Lakukan Hukuman Fisik Pada Anak

DokterSehat.Com – orang tua memilih banyak cara untuk menghukum anaknya. Yang salah satunya orang tua memberi hukuman fisik dengan menjewer ataupun memukul pada anaknya. Duh, ternyata cara ini justru tak bisa menyelesaikan masalah, bahkan merusak masa depannya.

7

Hasil ini ditemukan oleh penelitian yang ditulis dalam Canadian Medical Association Journal yang menyebutkan bahwa cara orang tua dalam membentuk disiplin anak ternyata mempengaruhi perkembangannya. Apapun alasannya, hukuman fisik yang diberikan tetaplah bukan teknik yang benar dalam mengasuh buah hati.

Hasil yang sama juga ditemukan oleh peneliti dari Children’s Hospital of Eastern Ontario di Ottawa yang mengungkapkan hukuman fisik hanya membuat anak jadi lebih mudah trauma dan anti sosial. Teknik pembelajaran semacam ini juga menyebabkan gangguan kognitif serta mempengaruhi pertumbuhannya.

Jika terlalu sering memberikan hukuman fisik pada anak dapat mempengaruhi perkembangan materi abu-abu pada otak yang erat kaitannya dengan intelijen atau IQ. Menurut Joan Durant selaku kepala penelitian mengungkapkan bahwa cara tegas seperti ini hanya mengakibatkan sikap agresif pada anak.

Moms, masih banyak cara lainnya agar si kecil mau belajar dan tidak mengulangi kesalahan yang sama. Percayalah, mereka juga bisa memahaminya apabila Anda memberikannya dengan cara yang baik. Justru teknik inilah yang dinilai sangat berperan mempengaruhi kepribadiannya nanti ketika dewasa.