Memberi Stimulasi Dini Untuk Kecerdasan Anak

doktersehat tips anak cerdas

DokterSehat.Com– Semua orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang cerdas. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merangsang kemampuan dasar anak sehingga ia dapat tumbuh secara optimal, salah satunya dengan melakukan stimulasi dini pada anak.

Tips meningkatkan kecerdasan anak

Kecerdasan anak bukanlah hal yang dapat terjadi begitu saja. Orang tua perlu berperan aktif untuk memaksimalkan kecerdasan anak. Selain itu, ada beberapa faktor yang berpengaruh pada kecerdasan anak, di antaranya pendiikan formal di sekolah, terpenuhinya kebutuhan pokok anak dengan baik, dan yang tidak kalah penting adalah memberikan stimulasi dini pada anak sesuai usianya.

Beberapa stimulasi yang bisa diberikan untuk anak antara lain:

1. Tunjukkan kasih sayang Anda

Anda tentu ingin si kecil tumbuh menjadi anak yang baik dan penyayang pada sesama kan? Untuk itu, Anda perlu menunjukkan sikap penuh kasih sayang yang baik karena anak akan meniru sikap Anda dan menerapkannya pada orang lain.

Cara yang bisa Anda lakukan antara lain dengan mengajaknya bermain, berkomunikasi dengan baik, dan mengajari bayi untuk tersenyum, membuatnya tertawa dan bicara. Pada anak yang berusia lebih besar, Anda bisa mencontohkan sikap baik selama di rumah maupun sikap baik pada orang lain. Sejak usia balita, anak-anak memiliki kepekaan untuk meniru apa yang ia lihat dan sering ia dengarkan.

2. Ajak anak bermain di alam

Rumah mungkin tempat yang paling aman bagi anak-anak untuk bermain. Namun anak-anak juga perlu mengeksplorasi alam di sekitarnya. Ajak anak untuk mengenal hewan, tumbuhan, bagaimana cara makhluk hidup lainnya tumbuh dan cara merawatnya. Selain melatih kecerdasan anak, hal ini juga dapat membantu empati dan menumbuhkan kasih sayang dan kepedulian anak pada lingkungan.

3. Bangun komunikasi yang baik dengan anak

Terkesan sepele, namun orang tua perlu membangun komunikasi yang baik dengan anak. Ajaklah anak bicara tentang hal yang baru dialami atau hal yang terjadi di sekitarnya. Anda juga bisa membiarkan anak memutuskan menu makanan apa yang diinginkan, atau baju apa yang ingin dikenakan anak pada hari tersebut.

4. Beri rangsangan secukupnya

Salah satu cara meningkatkan kecerdasan anak adalah dengan memberi stimulasi sebanyak-banyaknya pada anak. Namun Anda perlu tahu kapan harus berhenti. Anak yang menerima banyak stimulasi akan merasa kelelahan dan dapat memengaruhi proses belajar. Jika anak tampak kelelahan atau tidak dapat menerima stimulasi terlalu banyak, sebaiknya hentikan untuk sejenak dan biarkan anak beristirahat.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik