Spondylosis – Ulasan Singkat

spondylosis-doktersehat

Spondylosis adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan rasa sakit akibat menurunnya kondisi kesehatan tulang belakang. Spondylosis merupakan perubahan degeneratif pada tulang belakang seperti taji tulang dan degenerasi diskus intervertebralis (bantalan antar tulang belakang).

Istilah ini biasanya digunakan untuk mendeskripsikan osteoarthritis pada tulang belakang, tetapi sering juga digunakan untuk mendeskripsikan semua jenis penyakit yang berhubungan dengan penurunan kondisi kesehatan pada tulang belakang. Misalnya, frase “spondylosis pada tulang belakang lumbal” berarti perubahan degeneratif seperti osteoarthritis sendi vertebral dan degeneratif diskus intervertebralis (penyakit diskus degeneratif) di punggung bawah.

Spondylosis dapat terjadi pada tulang belakang servikal (leher), tulang belakang toraks (punggung atas dan tengah), atau tulang belakang lumbar (punggung bawah). Spondilosis lumbar dan spondylosis servikal adalah kejadian paling umum.

Spondylosis toraks sering tidak menimbulkan gejala. Spondylosis lumbosakral adalah spondylosis yang mempengaruhi tulang belakang lumbalis dan tulang belakang sakral (di bawah tulang belakang lumbal, di garis tengah antara pantat).

Spondylosis bertingkat berarti bahwa perubahan ini mempengaruhi beberapa vertebra di tulang belakang. Ada beberapa istilah medis yang terdengar mirip dan sering dikaitkan dengan spondylosis termasuk yang berikut ini:

  • Spondilitis adalah pembengkakan satu atau lebih vertebra, seperti pada spondilitis ankilosa, bentuk inflamasi radang sendi pada tulang belakang. Ini adalah proses yang sangat berbeda dari spondilosis karena spondilosis bersifat degeneratif sedangkan spondilitis bersifat inflamasi.
  • Spondilolisis adalah perkembangan dan pembentukan yang tidak lengkap pada bagian penghubung vertebra, pars interartikularis. Defek ini menjadi predisposisi spondilolistesis (lihat penjelasan selanjutnya) karena ketidakstabilan tulang belakang.
  • Spondilolistesis adalah pergeseran ke depan atau ke belakang dari badan vertebra dalam kaitannya dengan vertebra yang berdekatan. Sebagai contoh, spondilolistesis anterior L4 pada L5 berarti bahwa vertebra lumbal keempat telah tergelincir ke depan dari vertebra lumbal kelima. Akibatnya, tulang belakang biasanya tidak sejajar. Jika vertebra bergeser dengan gerakan tulang belakang, ini disebut sebagai spondilolistesis dinamis. Pergeseran dinamis vertebra divisualisasikan dengan rontgen sinar-X tulang belakang yang dilakukan ketika pasien yang melakukan fleksi tubuh (membungkuk ke depan) dan kemudian ekstensi (membungkuk ke belakang).
  • Spondilosis deformans adalah pertumbuhan taji tulang (spur, atau osteofit) atau jembatan kecil di sekitar degenerasi diskus intervertebralis di tulang belakang.
  • Stenosis spinal adalah penyempitan kanalis tulang belakang (saluran tulang belakang). Penyempitan saluran tulang belakang ini membatasi jumlah ruang untuk sumsum tulang belakang dan saraf. Tekanan pada sumsum tulang belakang dan saraf karena keterbatasan ruang dapat menyebabkan gejala seperti rasa sakit, mati rasa, dan kesemutan.
  • Skiatika adalah sakit menusuk-nusuk saraf skiatik yang menjalar dari punggung bawah ke pantat, tungkai, dan kaki, baik di satu sisi atau kedua sisi. Skiatika sering terjadi ketika diskus hernia memberi tekanan pada saraf skiatik saat keluar dari saluran tulang belakang di punggung bawah. Skiatika adalah jenis spesifik radikulopati (kompresi atau iritasi saraf saat meninggalkan kolumn spinalis). Skiatika dapat dikaitkan dengan spondilosis karena perubahan degeneratif pada tulang belakang mempengaruhi herniasi diskus dan kompresi saraf selanjutnya.
Spondylosis – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5 6 7