Soal Waktu Makan Bagi Anda Yang Ingin Sukses Diet

DokterSehat.Com – Memiliki tubuh idela menjadi salah satu hal yang paling di banggakan bagi tiap orang. Tubuh yang ideal ini menjadi idaman banyak orang karena dengan tubuh yang ideal kita akan terlihat lebih menarik dan menawan terutama bagi banyak wanita.

9

Dalam soal menurunkan berat badan, ternyata tak melulu tentang mengurangi porsi menu makan. Ternyata bisa juga tentang mengatur jadwal kapan makan dan kapan ngemil yang tepat.

Hal ini ditemukan oleh peneliti di University of California San Diego dan juga Salk Institute for Biological Studies. Para peneliti tersebut menyatakan bahwa dengan membatasi jam makan, yakni hanya 9 sampai dengan 12 jam di tiap harinya mampu mengatasi 4 hal sekaligus. Yakni menurunkan bobot tubuh, mencegah adanya kolesterol tinggi, diebetes dan juga obesitas.

Di dalam penelitian tersebut, para peneliti menggunakan tikus sebagai objek penelitian. Mereka membandingkan tikus dalam empat perlakuan. Yakni tikus yang diberi makanan biasa, makanan bergula tinggi, makanan berlemak tinggi, dan gula serta yang keempat adalah makanan berlemak tinggi dengan kalori yang setara. Untuk pemberian makanan, jamnya berbeda.

Pada semua tikus dibagi lagi menjadi kelompok tikus yang mampu makan dalam jangka waktu 9 jam seharinya, 12 jam dan juga 15 jam sehari. Dan yang keempat adalah mampu makan di setiap saat.

Hasilnya, pada tikus yang makan dalam jangka waktu 9 jam per harinya, mampu menurunkan berat badan ketimbang tikus yang makan setiap saat. Biarpun kadar kalorinya sama. Pada tikus yang makannya setiap saat, sukses menjadi gemuk.

Di penelitian itu tim peneliti yakin bahwa dengan mengurang jam makan akan bisa menurunkan berat badan dan juga mengurangi resiko serangan penyakit lainnya. Jangan terlalu over dalam mengkonsumsi makanan.

Baca Juga:  Teknik Bernapas yang Salah Saat Olahraga

Ini bisa menjadi kabar baik bagi anda yang selama ini mengalami masalah dalam hal diet. Pembatasan jam makan bisa anda coba agar mendapatkan hasil diet yang memuaskan.