Sleep Texting, Penyakit Baru Yang Disebabkan Oleh Ponsel

DokterSehat.Com – Banyak orang yang tidak lagi mampu menghilangkan ketergantungannya pada gadget layaknya ponsel. Tanpa adanya gadget, hidup mereka terasa ada yang kurang sehingga gadget pun bisa dibawa kemana-mana, termasuk hingga ke kasur di saat waktu tidur. Banyak dari kita yang memilih untuk mengecek lini masa dari media sosial atau mengecek grup percakapan sebelum tidur dan imbasnya adalah, kita akan kesulitan untuk segera beranjak tidur. Bahkan bebaerpa pakar kesehatan berkata jika beberapa orang telah mengalami kondisi “sleep texting” .

doktersehat-hp-menyala-saat-tidur

Sleep texting sendiri bisa dijelaskan sebagai sebuah kondisi dimana tubuh ada dalam kondisi setengah sadar di waktu tidur dan tetap melakukan beberapa aktifitas dengan gadget layakanya ponsel. Biasanya, sleep texting diawali dengan adanya notifikasi baik itu berupa pesan atau bahkan panggilan telepon. Sering kali, orang yang melakukan sleep texting tidak menyadari hal ini hingga keesokan harinya bahwa Ia telah menjawab telepon atau pesan tersebut. Apakah hal ini bisa mengganggu kualitas tidur?

Pakar kesehatan berpendapat bahwa sleep texting ternyata bisa digolongkan sebagai gangguan tidur atau parasomnia dan berada pada level yang sama layaknya mereka yang berjalan-jalan di waktu tidur (sleep-walking) atau bahkan menggigau (sleep-talking). Dengan adanya aktifitas di waktu tidur, kualitas dari tidur pun menjadi jauh berkurang sehingga saat bangun, banyak pengidap sleep texting akan merasa jauh lebih lelah dan kurang fit untuk melakukan banyak kegiatan. Selain itu, banyak penderita sleep texting yang bahkan bisa menanggung malu karena balasan pesan atau telepon yang mereka lakukan justru berisi hal-hal yang kurang pas atau bahkan kurang pantas mengingat kondisi tubuh yang setengah sadar.

Untuk menghindari sleep texting, ada baiknya kita menghindari posisi ponsel yang dekat dengan kasur di waktu kita tidur malam. Tidur haruslah menjadi waktu yang sangat tenang sehingga akan lebih baik jika kita mematikan notifikasi ponsel atau bahkan mematikan daya ponsel secara keseluruhan untuk membuat waktu tidur kita berkualitas tanpa adanya gangguan notifikasi atau panggilan sama sekali.