Skoliosis – Diagnosis dan Pengobatan

Diagnosis kurva skoliosis kebanyakan awalnya terdeteksi pada ujian skrining sekolah, oleh dokter anak atau dokter keluarga, atau oleh orang tua. Beberapa petunjuk bahwa seorang anak mungkin memiliki skoliosis termasuk bahu yang tidak sama tingginya antara kiri dan kanan, tulang skapula di punggung yang lebih menonjol di satu sisi, pinggang tidak seimbang antara pinggang kiri dan kanan, atau memiliki postur tubuh yang bersandar ke satu sisi. Diagnosis skoliosis dan penentuan jenis skoliosis kemudian dibuat oleh pemeriksaan tulang dan sinar-X untuk mengevaluasi besarnya kurva.

doktersehat-kelainan-tulang-kurva-skoliosis

Apakah Pengobatan untuk Skoliosis?
Mayoritas remaja dengan skoliosis signifikan tanpa diketahui penyebab yang diamati secara berkala (biasanya setiap empat bulan sampai enam bulan), termasuk pemeriksaan fisik dan pemeriksan sinar-X radiasi rendah.

Pengobatan untuk skoliosis meliputi:

  • Braces. Bracing adalah penguat yang digunakan di luar, seperti baju keras dan kaku, untuk pilihan pengobatan remaja yang memiliki kurva tulang belakang antara 25 derajat sampai 40 derajat – terutama jika tulang-tulang mereka masih akan berkembang dan jika mereka memiliki minimal 2 tahun pertumbuhan yang tersisa.Tujuan bracing adalah untuk menghentikan perkembangan kurva. Ini dapat memberikan koreksi sementara, tetapi biasanya kurva akan bertambah besar ketika bracing dilepaskan.
  • Operasi. Penderita skolisois memiliki kurva luar 40 derajat sampai 50 derajat sering dipertimbangkan untuk mendapatkan operasi skoliosis. Tujuannya adalah untuk memastikan kurva tidak semakin besar, tetapi operasi tidak sempurna meluruskan tulang belakang. Selama prosedur, implan logam yang digunakan untuk memperbaiki beberapa kelengkungan dan menahan posisi tulang belakang yang benar, mengkonsolidasikan dan menciptakan fusi kaku di daerah kurva. Operasi skoliosis biasanya melibatkan penggabungan logam dengan tulang belakang bersama secara permanen — disebut fusi tulang belakang.Pada anak-anak muda, teknik lain yang tidak melibatkan fusi dapat digunakan karena fusi menghentikan pertumbuhan tulang belakang karena menempel dengan tulang belakang. Dalam hal ini, penjepit harus selalu dipakai setelah operasi.
Baca Juga:  Penyakit Lupus - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa stimulasi listrik, program latihan, dan manipulasi tidak bermanfaat dalam mencegah perkembangan skoliosis. Namun, orang-orang dengan skoliosis harus tetap aktif dan fit.