Skoliosis Pada Ibu Hamil

DokterSehat.Com – Pada kasus skoliosis pada ibu hamil, ibu tetap dapat menjalani kehamilan dengan nyaman dan melakukan persalinan normal. Jadi, konsultasilah dengan dokter untuk program kehamilan Anda.

5504527538_cf944903e1_b

Yang sering menjadi kekhawatiran adalah, apakah pegal-pegal dan nyeri pinggang akan lebih parah dirasakan oleh penderita skoliosis?

Untuk mencegahnya, coba benahi postur Anda: tegakkan punggung Anda, biarkan bahu rileks tapi tidak membungkuk. Jika duduk, pilih kursi dengan sandaran yang dapat menyangga punggung Anda dengan pas, atau gunakan bantal.

Olahraga ringan juga boleh Anda lakukan, misalnya jalan kaki dan berenang. Lakukan juga beberapa gerakan peregangan yang disarankan oleh dokter atau fisioterapis untuk meringankan keluhan nyeri pinggang dan sakit punggung.

Bila berminat, coba lakukan prenatal yoga. Pastikan instrukturnya bersertifikat dan jelaskan kondisi Anda padanya. Instruktur bisa mengajari Anda pose-pose yoga yang dapat membantu relaksasi otot punggung dan mengurangi tekanan yang diakibatkan oleh perut semakin besar.

Mengenai nutrisi, tak ada diet khusus bagi penderita skoliosis, walau begitu, pastikan asupan gizi Anda cukup dan seimbang untuk kesehatan Anda dan si janin.

BACA JUGA : Manfaat Bersepeda Setiap Hari Bagi Tubuh Untuk Diet Wanita