Sisa Makanan yang Terselip di Gigi, Harus Dibuang atau Boleh Ditelan?

Doktersehat.com – Saat mengonsumsi daging atau sayuran kerap kali serat kedua makanan ini terselip di sela-sela gigi. Tusuk gigi menjadi alat yang pertama kali dicari bila hal ini terjadi. Jika sudah berhasil mendapatkan sisa makanan yang terselip tadi, biasanya beberapa orang akan membuangnya  atau malah akan kembali menelan.



Berdasarkan beberapa pengalaman orang yang kerap mengalami sililitan, mereka mengaku akan mengunyah dan menelan kembali sisa makanan yang terselip di gigi. Alasannya, mereka mengaku sayang bila sisa makanan tadi dibuang.

Bagi sebagian orang kebiasaan seperti itu dinilai menjijikan. Pada umumnya orang akan membuang sisa makanan yang tersangkut di gigi. Lalu bagaimanakah seharusnya sisa makanan yang tersangkut di gigi ini “diperlakukan”? Dibuang atau ditelan?

Saat ditanyakan kepada dokter gigi seputar sisa makanan yang tersangkut di gigi, tidak ada penjelasan yang jelas dalam menanggapinya.

Menurut dokter gigi sebaiknya sisa makanan harus segera dibersihkan, tak ada penengasan apakah sisa makanan tadi harus dibuang atau boleh ditelan.

Drg Hari Sunarto, SpPerio(K) hanya menegaskan jangan sampai sisa makanan yang ditelan berasal dari makanan seminggu yang lalu.

Belum ada kepastian tentang “perlakuan khusus” terhadap sisa makanan ini. Selama tidak menimbulkan masalah kesehatan, pilihan membuang atau menelan sisa makanan dikembalikan pada kebiasaan masing-masing.

Sumber: detik.com