Sinusitis, Pilek Membandel

DokterSehat.Com – Sinusitis sering ditandai dengan adanya pilek kental yang bewarna kehijauan ataupun kecoklatan. Biasanya pilek pada sinusitis berlangsung lama dan tidak sembuh dengan pengobatan pilek biasa dan istirahat. Pada sinusitis, pasien juga bisa merasa nyeri pada daerah dahi, dan di kedua pipi ataupun pasien merasakan penuh di wajah dan hidung yang mampet, kadang pasien juga mengeluhkan adanya ganguan pada penciuman.

doktersehat-sakit-flu

Sinusitis memilki berbagai penyebab, salah satunya adalah penyempitan saluran pernafasan akibat peradangan pada infeksi, saluran pernafasan yang menyempit mengakibatkan aliran ingus tidak lancar dan tersumbat , penyumbatan ini mengakibatkan tertumpuknya sekret sehingga bisa menyebabkan sinusitis. Penyebab lainnya dari sinusitis adalah adanya sumbatan yang diakibatkan oleh tumor atupun polip di hidung sehingga menyebabkan sekret tertumpuk. Adanya gigi yang bolong dan terinfeksi juga dapat menjadi salah satu penyebab sinusitis yang tidak disadari oleh pasien, karena akar gigi belakang atas berada di dasar sinus sehingga jika akar gigi tersebut terinfeksi maka akan bisa menyebar ke dalam sinus.

Bila infeksi sinus ini dibiarkan dan tidak diobati sesuai dengan penyebabnya, maka dapat terjadi berbagai macam komplikasi, salah satunya infeksi bisa meluas ke mata , otot ataupun tulang. Komplikasi yang juga sering terjadi adalah infeksi pada telinga tengah, karena adanya saluran yang menghubungkan secara langsung, infeksi pada telinga tengah bisa menyebabkan bolongnya gendang telinga hingga kurangnya pendengaran penderita.

Pengobatan utama yang harus diberikan pada sinusitis adalah antibiotik, antibiotik berguna untuk membunuh kuman yang menyebabkan infeksi pada sinus. Pengobatan lainnya bisa ditambahkan untuk mengencerkan sekret / ingus yang kental dan mengurangi peradangan yang terjadi di rongga hidung dan sinus. Bila dalam pengobatan selama 10 – 14 hari tidak ada perbaikan dari gejala sinusitis, penderita harus kembali ke dokter dan dan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, salah satunya menggunakan CT SCAN. Pengobatan lanjutan untuk pasien sinusitis dapat berupa operasi sinus jika memang dengan obat saja tidak ada perbaikan.