Sindrom Maria Antoinette, Sindrom yang Bisa Membuat Rambut Memutih Dalam semalam

DokterSehat.Com – Ada sebuah cerita yang sangat terkenal dari Revolusi Perancis pada tahun 1799 dimana ratu Perancis bernama Maria Antoinette dikabarkan mengalami stres berat semalam sebelum dirinya akan dieksekusi mati sehingga semua rambutnya tiba-tiba memutih. Sebuah pertanyaan pun muncul, mungkinkah kita bisa mengalami rambut yang beruban sepenuhnya hanya dalam semalam?

doktersehat-kutu-rambut-gatal

Pakar kesehatan menyebutkan jika normalnya kita memang akan mengalami penuaan pada rambut sehingga secara perlahan-lahan rambut kita akan terus memutih dan akan benar-benar putih sempurna saat kita sudah tua. Namun, ternyata, cerita yang dialami oleh Maria Antoniette ini bisa benar-benar terjadi. Ya, ada kemungkinan rambut kita bisa memutih dalam semalam atau setidaknya sangat cepat. Sindrom ini dinamai sama persis dengan legenda ratu Perancis ini meskipun secara medis dinamai dengan Canities Subita. Ada sebuah penelitian yang dirilis hasilnya pada tahun 2013 kemarin yang bahkan menyebutkan jika semenjak tahun 1800an, setidaknya ada 84 kasus rambut yang memutih dengan kecepatan yang sangat luar biasa. Yang menarik adalah, penyebab dari kasus sindrom ini juga dikarenakan oleh stress berat atau trauma berat.

Sebuah jurnal yang dipublikasikan pada tahun 1902 bernama British Medical Journal menyebutkan jika ada kasus dimana ada wanita berusia 22 tahun yang mendadak rambutnya berubah menjadi putih dan terus-menerus mengalami menstruasi karena Ia menjadi saksi sebuah pembunuhan sadis. Selain itu, ada kasus lain yang melaporkan jika banyak orang yang mengalami sindrom ini akibat melihat aksi kriminal hingga karena dalam kondisi perang.

Pakar kesehatan memang masih belum benar-benar bisa menjawab mengapa pemutihan rambut ini bisa begitu cepat terjadi. Namun, karena penyebabnya seringkali adalah stress atau trauma, maka ada baiknya kita menjaga pikiran kita agar terbebas dari stres sehingga rambut kita tidak cepat beruban.