Simak, Inilah 3 Kiat Pencegahan Asam Lambung yang Patut Anda Coba

doktesehat-mens-haid-sakit-perut

DokterSehat.Com– Penyakit asam lambung adalah salah satu jenis populer yang banyak diderita oleh sebagian orang di Indonesia. Asam lambung sendiri memiliki dikatakan sebagai salah satu penyakit yang sangat sulit untuk disembuhkan. Orang yang mengidap penyakit ini akan menemui gejala-gejala yang tidak enak, misalnya rasa nyeri pada ulu hati, sensasi panas pada dada, serta nafsu makan yang tidak stabil.

Menurut istilah medis, asam lambung juga dikenal dengan GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) yang disebabkan karena LES (lower esophagael sphinchter) di dalam tubuh tidak berfungsi sebagai mana mestinya. Padahal, LES memiliki fungsi sebagai jalur yang mengantarkan makanan atau minuman untuk turun ke lambung. Saat LES tidak berfungsi, maka makanan serta minuman yang Anda konsumsi tidak akan pernah sampai ke lambung dengan sempurna.

Kendati sangat sulit disembuhkan, tapi penyakit ini masih bisa dicegah dengan cara yang benar dan tepat. Berikut 3 kiat mengatasi penyakit asam lambung.

1. Jauhi Lembab

Jika Anda terbiasa menggunakan AC, maka ada baiknya untuk mengurangi kebiasaan tersebut dari sekarang. Sebab, dengan suhu yang lembab akan membuat kualitas udara menjadi tidak baik. Hal tersebut akan sangat berpengaruh pada sistem pernapasan Anda. Jika terus dibiarkan, maka LES tidak akan bekerja dengan baik sebab proses pernapasan terganggu hingga akhirnya bisa memicu datangnya asam lambung atau GERD.

2. Jauhi Rokok

Rokok memang tidak memiliki manfaat sedikitpun bagi kesehatan seseorang. Rokok adalah sebuah produk olahan tembakau yang di dalamnya mengandung banyak senyawa berbahaya bagi tubuh. Dengan merokok, baik aktif atau pasif akan membuat diafragma Anda terganggu. Saat diafragma terganggu, maka makanan dan minuman yang Anda konsumsi tidak akan bisa menuju lokasi sebenarnya yang akhirnya menciptakan rasa nyeri serta sensasi panas.

3. Kelola Stres

Mungkin bagi sebagian orang, stres tidak ada hubungannya dengan asam lambung. Tapi, padahal stres adalah salah satu faktor munculnya berbagai penyakit, seperti asam lambung. Dengan tingkatan stres yang tinggi, pernapasan Anda akan terganggu dan juga pola makan menjadi berantakan. Hal tersebut tentunya membuat organ di dalam tubuhnya bekerja dengan cara tidak normal yang akhirnya memicu datangnya asam lambung.