Simak! Inilah 3 Kesalahan Merawat Miss V yang Kerap Dilakukan Wanita

DokterSehat.Com– Merawat organ intim atau vagina adalah sebuah kewajiban bagi setiap wanita. Pasalnya, dengan vagina yang terawat, maka area keintiman akan terhindar dari berbagai masalah, seperti gatal-gatal, keputihan, dan aroma tak sedap. Selain itu, vagina juga bisa dikatakan sebagai salah satu organ vital yang sangat sensitif dan mudah terserang penyakit. Maka dari itu, tidak ada asalan untuk tidak merawatnya setiap hari.

vagina-doktersehat

Photo Credit : pexels.com

Tapi dalam melakukan perawatan, harus diperhatikan pula tata cara yang tepat. Sebab, jika sampai salah, maka akan fatal akibatnya. Seperti diketahui, banyak sekali metode atau cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat kesehatan vagina, mulai dari cara yang benar hingga cara yang kurang benar, bahkan tidak boleh dilakukan. Nah, untuk mengetahuinya, berikut ini adalah 3 kesalahan merawat vagina yang biasa dilakukan oleh wanita.

1. Terlalu Sering Disiram

Mungkin Anda salah satu orang yang sering menyiram dan membersihkan Miss V dengan rentan waktu yang cukup sering. Perlu diketahui, hal seperti ini memang baik, tapi tidak dianjurkan jika terlalu sering. Pasalnya, Miss V juga perlu suasana yang sejuk, tidak becek terus-menerus. Maka dari itu, jangan terlalu sering membasahi Miss V dengan dalih menjaga kebersihannya.

2. Menggunakan Sabun

Kesalahan ini adalah salah satu kesalahan yang sering dan banyak dilakukan oleh wanita. Tidak sedikit dari mereka yang termakan iklan produk sabun vagina. Pasalnya, menggunakan sabun vagina terlalu sering bisa mengganggu keseimbangan pH. Dengan terganggunya keseimbangan pH tersebut, maka risiko munculnya bakteri akan semakin besar pula. Jadi, jangan terlalu sering menggunakan sabun khusus vagina, gunakanlah sewajar dan seperlunya saja.

3. Arah Membasuh Vagina

Hal perlu diperhatikan oleh setiap wanita. Setiap kali membersihkan vagina, hendaklah memperhatikan arah basuhannya. Jangan membasuh dengan arah dari depan ke belakang. Sebab, hal tersebut bisa meningkatkan masuknya bakteri ke dalam vagina. Yang tepat adalah basuh dari belakang ke depan. Dengan begitu, bakteri akan luruh beserta air basuhan tersebut.