Siklus Mentruasi Terganggu Akibat Tubuh Terlalu Kurus

Doktersehat.com – Banyak informasi yang menjelaskan bahwa lemak yang berlebihan diketahui dapat memicu berbagai masalah kesehatan. Hal ini kemudian memicu setiap orang untuk mengikis habis lemak yang berada dalam tubuhnya. Tapi sebaiknya jangan sampai lemak dalam tubuh menjadi terlalu sedikit karena dapat mempengaruhi siklus menstruasi pada wanita.



Lemak merupakan bahan baku pembutan hormon. Oleh karena itu, wanita yang terlalu kurus atau lemaknya terlalu tipis maka siklus bulanannya menjadi tidak teratur sebab menstruasi dipengaruhi oleh hormon.

Bahkan akibat terlalu kurus ada perempuan berusia 19 tahun yang belum pernah mengalami menstruasi. Padahal di usia 19 tahun seharusnya perempuan sudah mengalami haid seperti yang dialami perempuan lainnya.

Lemak yang terlalu sedikit tidak hanya mempengaruhi siklus haid tapi juga dapat menyebabkan tulang mudah rapuh. Tingkat hormon yang rendah dapat membuat tulang seseorang yang berusia 19 tahun menjadi seperti tulang orang yang berusia 47 tahun.

Agar terhindar dari ancaman kesehatan tersebut, sebaiknya jaga asupan makanan yang akan Anda konsumsi. Santaplah makanan yang sehat dan bergizi dan perbanyak edukasi supaya pola pikir makin terbuka . Pemikiran yang benar dapat membuat hidup menjadi lebih sehat.

Sumber: wolipop.detik.com