Seperti Apa Siklus Menstruasi Normal pada Wanita?

doktesehat siklus menstruasi

DokterSehat.Com – Sejak memasuki masa pubertas, wanita akan mengalami menstruasi sebulan sekali. Menstruasi ini terjadi karena sel telur yang dilepas tidak dibuahi oleh sperma. Akhirnya sel telur yang menempel pada dinding rahim beserta endometrium yang menebal akhirnya luruh dalam bentuk darah menstruasi.

Secara umum, menstruasi terjadi setiap 25 hingga 35 hari sekali. Kondisi ini menyebabkan ada wanita yang mendapatkan menstruasi sekitar 13 kali per tahun dan ada yang hanya 11 kali saja. Selama siklus menstruasi terjadi pada rentang waktu itu, siklus dianggap normal.

Selain kriteria di atas, siklus menstruasi wanita dianggap normal kalau memenuhi beberapa hal di bawah ini.

Lama menstruasi seminggu

Menstruasi yang terjadi pada wanita biasanya terjadi selama 3-7 hari per siklus. Kalau menstruasi berjalan selama 2 hari atau lebih dari seminggu, berarti ada gangguan sehingga Anda harus segera ke dokter untuk memeriksakan diri.

Darah yang keluar

Darah yang keluar saat menstruasi bisa menentukan normal atau tidaknya siklus. Darah yang keluar pada hari pertama dan kedua biasanya memiliki warna merah cukup terang. Kalau darah yang keluar berwarna gelap bisa jadi ada gangguan di area rahim.

Selanjutnya, darah yang keluar akan semakin sedikit dan warnanya gelap. Kalau di hari terakhir siklus darah yang keluar masih banyak dan segar, Anda patut waspada. Biasanya darah yang keluar terlalu banyak bisa dipicu karena endometriosis.

Adanya keputihan

Wanita akan mengalami keputihan beberapa hari menjelang menstruasi tiba. Keputihan yang terjadi biasanya bening dan tidak disertai bercak darah. Selain itu keputihan juga tidak dibarengi dengan rasa sakit, gatal, dan munculnya aroma tidak sedap pada vagina.

Semoga ulasan di atas membantu Anda untuk lebih memahami siklus menstruasi yang normal pada wanita dan kemungkinan gangguan yang terjadi.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik