Sift Kerja Dimalam Hari Buruk Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Bekerja bukan lagi sebuah tuntutan, namun kebutuhan hidup setiap orang. Bekerja menjadi bagian hidup sebagian besar orang dewasa dan pastinya menjadi salah satu aktivitas yang mendominasi kegiatan sehari-hari. Namun waktu kerja juga perlu diperhatikan, jangan sampai Anda mengorbankan kesehatan.



Seperti dikutip dari boldsky.com, kebiasaan menerima kerja lembur hingga malam atau melakukan kerja shift malam punya banyak dampak buruk untuk tubuh. Fakta seperti ini pasti bukan pertama kalinya Anda dengar, dan berikut dampaknya :

  • Obesitas
    Jangan kira suka begadang bisa turunkan berat badan, justru sebaliknya. Terlalu sering kerja malam atau begadang bisa meningkatkan risiko obesitas dan penyakit serius lainnya yang berhubungan dengan jantung.
  • Diabetes
    Sudah banyak penelitian yang menghubungkan risiko diabetes dengan kerja di malam hari karena bisa meningkatkan kadar gula darah. Bahkan beberapa kanker bisa dipicu karena seringnya begadang atau bekerja malam hari.
  • Masalah kehamilan
    Bagi Anda wanita pekerja keras dan kebetulan mendapat pekerjaan shift malam, sebaiknya hati-hati karena bisa saja aktivitas malam membuat tubuh melemah yang nantinya berdampak pada kekuatan sistem reproduksi Anda. Anda bisa saja mengalami gangguan saat masa kehamilan.
  • Mengganggu siklus alami tidur
    Inilah yang pertama kali Anda rasakan jika sudah terbiasa tidur malam hari namun kemudian berubah jadi beraktivitas di malam hari. Kerja shift malam akan mengganggu patern alami tidur dan membuat tubuh bingung. Dampak seperti kelelahan, pusing, tidak fokus, dan insomnia umumnya terjadi, dan bahkan penurunan fungsi kognitif bisa saja terjadi.