Sifilis – Diagnosis, Pengobatan, dan Pencegahan

Diagnosis sifilis dapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan tes darah yang cepat dan murah yang diberikan di pusat pemeriksaan laboratorium atau di sebuah klinik kesehatan masyarakat.

doktersehat-penyakit-kelamin-sifilis

Bagaimana Sifilis Diobati?
Jika Anda telah terinfeksi dengan sifilis kurang dari satu tahun, dosis tunggal penicillin biasanya cukup untuk menghancurkan infeksi. Bagi mereka yang alergi terhadap penisilin, tetrasiklin, doksisiklin atau antibiotik lain dapat diberikan sebagai gantinya. Jika Anda berada dalam tahap akhir dari penyakit, dosis lebih tinggi akan dibutuhkan.

Orang yang sedang dirawat karena sifilis harus menjauhkan diri dari kontak seksual sampai infeksi benar-benar hilang. mitra seksual orang dengan sifilis harus diuji dan, jika perlu, diobati.

Bagaimana Jika Sifilis Tidak Diobati?
Jika sifilis dibiarkan tidak diobati, dapat menyebabkan masalah serius dan permanen seperti demensia, kebutaan, atau kematian.

Bagaimana Sifilis Mempengaruhi Wanita Hamil dan Bayinya?
Tergantung pada berapa lama wanita hamil telah terinfeksi dengan sifilis. Bayi yang terpapar dan tertular sifilis melalui plasenta berpotensi untuk lahir mati (kelahiran bayi yang telah meninggal sebelum persalinan) atau melahirkan bayi yang meninggal sesaat setelah lahir.

Jika tidak segera diobati, bayi yang terinfeksi dapat lahir tanpa gejala tetapi bisa semakin parah dalam beberapa minggu. Tanda-tanda dan gejala bisa sangat serius. bayi yang tidak diobati dapat mengalami keterlambatan pertumbuhan dan perkembangan, kejang, atau bahkan meninggal.

Bagaimana Saya Dapat Mencegah Infeksi Sifilis?
Untuk mengurangi risiko infeksi sifilis:

  • Hindari kontak intim dengan orang yang Anda kenal terinfeksi.
  • Jika Anda tidak tahu apakah pasangan seks terinfeksi, gunakan kondom dalam setiap hubungan seksual.

Apakah Catatan untuk Orang Dengan Sifilis?
Sifilis adalah penyakit yang dapat disembuhkan dengan diagnosis dan pengobatan yang tepat. Namun, jika dirawat terlambat, mungkin ada kerusakan permanen pada jantung dan otak bahkan setelah infeksi ini musnah pada tubuh.