Siapa Sajakah Yang Beresiko Terkena Kanker Serviks?

DokterSehat.Com – Belakangan ini, kasus wanita yang terkena kanker serviks cenderung meningkat dengan signifikan. Kanker serviks sendiri adalah kanker yang bisa ditemukan pada organ reproduksi wainta, tepatnya di area leher rahim, area diantara vagina dan rahim wanita. Kanker serviks sendiri biasanya disebabkan oleh virus yang disebut sebagai strain human papilloma atau yang kerap disebut sebagai HPV. Seringkali, kanker ini terjadi karena hubungan seksual yang bisa memicu infeksi. Yang menjadi pertanyaan adalah, sebenarnya siapa sajakah yang memiliki resiko besar terkena kanker serviks ini?

doktersehat-kutil-kelamin-kanker-vagina-keringat

Pakar kesehatan dari Tulane University School of Medicine bernama Rachel Reitan, MD, menyebutkan jika kaum hawa yang memiliki gaya hidup yang kurang baik akan cenderung rentan terkena penyakit ini. Namun, wanita yang cenderung memiliki kehidupan seksual yang sangat tidak sehat memiliki resiko besar terkena kanker yang cukup mematikan ini. Sebagai contoh, jika seorang wanita cenderung memiliki banyak partner berhubungan seksual atau suka bergonta-ganti pasangan seksual akan memiliki resiko besar terpapar virus HPV. Selain itu, jika seorang wanita telah mulai berhubungan intim sejak usia yang sangat muda, tepatnya kurang dari 18 tahun juga memiliki resiko terkena kanker serviks sangat tinggi. Sel-sel tubuh yang lebih muda cenderung lebih mudah terpapar virus HPV penyebab kanker serviks ini.

Kaum wanita yang cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah juga akan lebih mudah terpapar virus HPV. Hal ini dikarenakan banyak wanita yang sebenarnya sudah terpapar virus ini, namun karena memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat pada akhirnya tidak terkena kanker serviks. Namun, jika seorang wanita pernah terkena penyakit menular seksual lainnya layaknya gonorea, sifilis, dan lain sebagainya, maka Ia pun cenderung beresiko tinggi terkena kanker serviks.

Baca Juga:  Masalah Seks Yang Paling Sering Dialami Wanita

Terakhir, wanita yang beresiko terkena kanker serviks adalah mereka yang hobi merokok. Kandungan beracun dari rokok bisa memicu perkembangan sel kanker dan jika hal ini dikombinasikan dengan infeksi dari virus HPV, maka kanker serviks pun bisa dengan mudah muncul.