Siapa Saja Yang Rentan Terinfeksi HIV?

DokterSehat.Com – Bicara masalah HIV atau AIDS adalah bicara masalah penyakit menular yang hingga sampai saat ini belum ada obatnya, dan jumlah penderitanya juga semakin bertambah saja.  Bahkan bukan hanya di kota-kota besar saja, kini penderita penyakit tersebut juga sudah sampai masuk ke pelosok desa-desa terpencil.



Sebelum menjawab pertanyaan tentang siapa saja yang rentan terinfeksi HIV? Terlebih dahulu Anda harus mengetahui bagaimana HIV ditularkan? HIV bisa ditemukan dalam cairan tubuh orang yang terinfeksi HIV, misalnya dalam darah, cairan seksual, dan ASI ibu yang terinfeksi. Meskipun begitu, penularan HIV akan mudah terjadi apabila jumlah virus yang terdapat dalam cairan sudah cukup untuk masuk kedalam aliran darah orang lain. Jadi, yang paling rentan terinfeksi HIV antara lain : istri dari suami yang positif HIV, anak dari ibu yang positif HIV, pengguna jarum suntik yang tidak steril, dan lain sebagainya.

Nah, sudah tahu kan siapa saja yang rentan terinfeksi HIV? Jika demikian, Anda tentunya harus tahu dan memahami dengan benar bagaimana seseorang bisa terinfeksi HIV, misalnya dengan cara :

  • Seks bebas tanpa pengaman dengan penderita
  • Adanya kontak darah dengan penderita
  • Menggunakan produk darah yang sudah terinfeksi, misalnya tranfusi, donor, dan lain sebagainya
  • Penggunaan jarum suntik, misalnya obat-obatan terlarang, tato, dan lain sebagainya
  • Proses kehamilan, persalinan dan menyusui dari wanita yang positif menderita HIV kepada anaknya

Meskipun penularannya cukup mudah, namun Anda tidak perlu serta merta menjauhi, mengucilkan atau bahkan mendiskriminasi penderita HIV, karena mereka tetaplah manusia yang memiliki hak hidup dan perlakuan yang sama layaknya orang normal. Untuk itu, Anda haruslah memahami, jika :

  • HIV tidak akan menular karena bersalaman, berpelukan, atau berbincang-bincang dengan penderita
  • HIV juga tidak menular karena gigitan nyamuk
  • HIV tidak akan menular melalui tempat atau sarana yang digunakan bersama dengan penderita, misalnya kolam renang, kamar mandi, tempat duduk, dan lain sebagainya.
  • HIV tidak akan menular karena paparan batuk atau bersin
Baca Juga:  Mengapa Pria Cenderung Langsung Tidur Setelah Berhubungan Intim?

Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi Anda semua.