Siapa Bilang Penderita Maag Tidak Bisa Minum Kopi?

DokterSehat.Com– Banyak penderita maag yang khawatir untuk minum kopi meskipun sebenarnya mereka sangat menyukainya. Mengkonsumsi minuman ini dikhawatirkan bisa memicu kambuhnya sakit maag. Apakah memang sebaiknya penderita maag tidak lagi minum kopi?

doktersehat-kopi-coffee-lambung-perih-asam-kafein-perawatan-kulit-payudara-mengecil

Seorang barista bernama Evani Jesslyn menyebutkan bahwa tidak semua kopi ternyata berbahaya bagi penderita maag. Hal ini berarti, asalkan peminum kopi mampu memilih kopi yang tepat, maka penyakit ini pun tidak akan mudah kambuh.

Evani menjelaskan tentang dua tipe kopi, yakni arabika dan robusta. Bagi mereka yang menderita maag, diharapkan untuk memilih untuk kopi berjenis arabika saja. Kopi dengan jenis arabika memiliki kandungan kafein yang cenderung lebih rendah. Tak hanya itu, kadar keasaman dari kopi ini juga hanya separuh dari kopi jenis robusta. Evani juga berpesan pada penderita maag untuk sebaiknya tidak memilih kopi berjenis dark roast atau kopi yang disangrai hingga matang. Kopi jenis ini ternyata memiliki kandungan kafein dan karbon dioksida yang tinggi. Padahal, kandungan karbon dioksida dari kopi ini bisa menyebabkan kambuhnya sakit maag. Ada baiknya kita memilih kopi dengan jenis medium atau light roast yang lebih aman.

Evani menyebutkan bahwa kopi termasuk dalam minuman yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, asalkan dipilih dengan tepat. Ia juga meminta kita untuk memastikan bahwa kopi yang kita pilih tidak memiliki kandungan kafein, karbondioksida, dan keasaman yang tinggi karena jauh lebih aman bagi kondisi tubuh kita.