Siapa Bilang Olahraga Itu Menyita Waktu? Ada Kok Olahraga 5 Menit yang Sangat Bermanfaat Bagi Tubuh

DokterSehat.Com – Salah satu alasan paling umum bagi banyak orang untuk tidak melakukan olahraga adalah kesibukan aktivitas sehari-hari yang membuat mereka tidak memiliki waktu lagi untuk menyempatkan berolahraga. Saat akhir pekan tiba, tubuh sudah sangat lelah dan malas untuk melakukan aktivitas fisik apapun. Memang, masyarakat menganggap olahraga sebagai aktivitas yang melelahkan, menguras keringat, dan menyita waktu. Padahal, jika kita jeli, kita bisa mengaplikasikan sejenis olahraga yang bisa kita lakukan hanya dalam waktu 5 menit saja dan sudah cukup memberikan dampak kesehatan bagi tubuh.

doktersehat-olahraga-gym-sehat

Olahraga 5 menit ini adalah static hold exercise atau menahan gerakan statis. Olahraga ini bisa kita lakukan dimana saja; di rumah, di kantor, atau bahkan di luar rumah. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika kita rutin melakukan olahraga 5 menit ini, kita bisa meluruhkan lemak yang ada pada perut kita. Static hold exercise sendiri bisa kita lakukan dengan cara seperti menahan push-up dengan selama 15 hingga 20 detik sebelum kita benar-benar menurunkan tubuh kita ke bawah. Memang, hal ini akan tidak mudah untuk dilakukan. Namun, kita akan mendapatkan efek positif bagi tubuh kita.

Laman kesehatan Bolsdky sendiri menyebutkan jika olahraga 5 menit ini bisa memberikan dampak kesehatan bagi tubuh layaknya otot-otot yang semakin kencang. Sebagai perbandingan, jika kita melakukan push-up secara biasa selama 5 menit yang biasanya dilakukan dengan intensitas dengan cepat, maka efek baiknya bagi kesehatan justru tiga kali lebih rendah jika dibandingkan dengan metode static hold exercise, khususnya dalam hal penguatan otot. Hal ini dikarenakan, menahan beban dalam waktu yang lama ternyata mampu membuat otot terbangun dengan lebih cepat.

Efek kesehatan lain yang bisa kita dapatkan dari olahraga ini adalah semakin meningkatnya daya tahan tubuh, semakin banyaknya keringat yang akan dihasilkan, sekaligus semakin rendahnya efek mendapatkan cedera. Adanya metode olahraga ini tentu akan menjadi jawaban bagi kita yang tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga, bukan?