Siapa Bilang Merokok Membuat Pria Semakin Jantan?

DokterSehat.Com– Banyak orang yang menganggap pria yang tidak merokok sebagai pria yang kurang jantan. Padahal, fakta kesehatan justru menyebutkan bahwa kebiasaan ini bisa berefek buruk bagi kejantanan pria. Tak hanya menyerang organ jantung atau paru-paru, telah banyak penelitian yang membuktikan dampak buruk merokok bagi vitalitas pria.

doktersehat-rokok-bahaya-untuk-kesehatan

Dalam jurnal kesehatan berjudul Andrologia, terdapat sebuah penelitian yang dilakukan dalam 30 tahun terakhir yang menghasilkan fakta bahwa ada kaitan erat antara kebiasaan merokok dengan masalah disfungsi ereksi pada pria. Hal ini disebabkan oleh adanya zat aktif pada rokok yang ternyata mampu memberikan pengaruh buruk bagi ereksi penis, tepatnya dengan cara merusak pembuluh darah di sekitar penis yang sangat berpengaruh pada berlangsungnya ereksi.

Mengingat disfungsi ereksi bisa membuat pria tidak bisa lagi menikmati kehidupan seksual atau bahkan memicu masalah keharmonisan rumah tangga, pakar kesehatan menyarankan pria untuk segera berhenti merokok demi mencegah datangnya masalah seksualitas tersebut. Selain itu, pastikan untuk selalu menjaga kebugaran dan stamina tubuh dengan cara rutin berolahraga dan menerapkan pola makan yang sehat.

Kaum pria sangat disarankan untuk mengkonsumsi sayuran, buah-buahan, serta suplemen yang bisa membantu menjaga kesehatan serta vitalitas. Selain itu, kaum pria juga sebaiknya mulai menurunkan asupan makanan yang kaya akan kadar lemak jenuh dan kadar gula yang bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.