Siapa Bilang Ibu Hamil Muda Tidak Boleh Berolahraga?

DokterSehat.Com– Banyak orang tua yang menyarankan ibu hamil muda untuk tidak melakukan berbagai aktifitas tubuh yang melelahkan demi mencegah munculnya gangguan kehamilan. Karena adanya saran inilah banyak ibu hamil yang memilih untuk tidak melakukan olahraga. Padahal, ibu hamil sebenarnya masih boleh-boleh saja melakukan olahraga demi menjaga kebugarannya, termasuk olahraga lari. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan ibu muda yang ingin melakukan olahraga lari.

doktersehat-hamil-olahraga-yoga

Mempersiapkan mental
Meskipun secara fisik kita belum bisa benar-benar melihat perubahan pada tubuh saat minggu-minggu awal kehamilan, dalam realitanya kita juga bisa mengalami perubahan dalam hal tubuh yang lebih mudah lelah atau cepatnya perubahan suasana hati. Sebelum berolahraga lari, pastikan untuk mempersiapkan mental dan yakin jika olahraga dengan benar tidak akan memberikan dampak buruk bagi kehamilan.

Tidak memaksakan diri
Berlarilah dengan santai saja. Selain itu, segeralah beristirahat saat tubuh sudah terasa lelah mengingat kondisi tubuh yang sedang hamil memang cenderung lebih mudah lelah dari biasanya.

Mencukupi kebutuhan air putih
Kondisi hamil akan membuat tubuh kita lebih sering buang air kecil. Demi menghindari banyaknya cairan tubuh yang hilang dan menurunkan resiko terkena dehidrasi, ada baiknya kita mencukupi kebutuhan air putih.

Mengecek kondisi kesehatan yang bisa saja muncul
Meskipun berolahraga lari memang bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil, pastikan untuk mengecek kondisi kesehatan karena bisa jadi ada masalah yang muncul setelah melakukannya. Jika kita merasakan sakit kepala, nyeri pada dada, atau bahkan pendarahan pada organ vital, segera periksakan ke dokter untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.