Shisha Nikmat tapi Berbahaya

Doktersehat.com – Shisha kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup modern kawula muda. Terbukti banyak kafe yang menyediakan shisha dengan berbagai rasa. Tak seperti rokok biasa, Shisha juga bisa dinikmati bersama-sama.



Menghisap shisha dianggap lebih aman ketimbang rokok biasa. Padahal rokok asal Arab ini sama berbahayanya dengan rokok yang dijual di pasaran.

Shisha bisa dinikmati dengan berbagai aroma buah-buahan dan bunga yang dicampur dengan tembakau. Tapi, dibalik nikmatnya shisha ternyata menyimpan banyak bahaya.

Sekali menghisap shisha sama juga dengan menghisap 70 kali zat berbahaya dalam rokok biasa. Karena jumlah tembakau satu tabung shisha lebih banyak ketimbang rokok biasa. Waktu menghisap shisha pun lebih lama dari rokok biasa. Anda bisa berjam-jam menghisap rokok modern ini.

Bentuk pipa shisha yang besar menyebabkan asap lebih banyak dihirup. Satu kali menghisap shisha saja asapnya mencapai 0,15 – 1 liter. Padahal rokok biasa tidak sebesar itu jumlah asapnya.

Banyak orang yang menganggap shisha lebih ramah dengan tubuh karena mengandung aroma buah segar padahal kandungan nikotin, karbondioksida, dan tarnya sangat banyak.

Risiko menghisap shisha 1 jam saja sama dengan menghabiskan 100 batang rokok. Selain itu, penggunaan tabung dan selang shisha yang bergatian juga berisiko menularkan penyakit TBC dan hepatitis karena bakteri dan kuman mudah berpindah.

Sumber: detik.com