Setelah Menikmati Semangka, Jangan Langsung Minum Air

DokterSehat.Com – Salah satu buah yang menjadi favorit banyak orang adalah semangka. Buah yang menyegarkan ini memang memiliki rasa yang enak. Tak hanya itu, semangka juga kaya akan kandungan baik seperti serat, potassium, dan lycopene. Berbagai nutrisi baik ini disebut-sebut mampu membuat saluran pencernaan menjadi semakin sehat.

doktersehat-semangka

Tak hanya bisa menjaga kelancaran sistem pencernaan, semangka ternyata juga kaya akan kandungan asam amino dan citrulline yang mampu merangsang tubuh memproduksi oksida nitrat. Hal ini tentu akan berpengaruh besar bagi kesehatan tekanan darah.

Sayangnya, dibalik berbagai kebaikan yang bisa kita dapatkan dari semangka ini, pakar kesehatan menyebutkan jika ada baiknya kita tidak sembarangan dalam mengkonsumsi semangka, khususnya dalam mengkombinasikannya dengan konsumsi air putih. Cukup banyak orang yang meskipun sudah merasakan sensasi segar dari semangka namun tetap saja meminum air putih setelahnya. Padahal, ada dugaan yang menyebutkan bahwa ada dampak buruk yang bisa kita dapatkan andai minum air putih setelah makan semangka.

Pakar kesehatan gizi yang bernama dr. Anju Sood yang berasal dari Bangalore, India, menyebutkan bahwa minum air putih setelah makan semangka akan memicu peningkatan resiko penyebaran mikroba yang ada dalam saluran pencernaan. Hal ini disebabkan oleh kandungan serat, air, dan gula yang ada dalam semangka. Yang menjadi masalah adalah, mikroba membutuhkan air dan gula agar bisa dapat berkembang.

Pakar kesehatan gizi lainnya, Shilpa Aora, menyebutkan bahwa kita sebenarnya tidak perlu meminum air setelah makan semangka karena semangka ini sudah kaya akan kandungan air. Tak hanya itu, Aora juga menyebutkan bahwa jika kita makan semangka dengan makanan lain, maka proses penyerapan makanan pada saluran pencernaan akan semakin melambat. Hal ini tentu akan membuat perut semakin asam dan menjadi tidak nyaman.