Setelah Menikah, Langsung Ingin Punya Anak Atau Menundanya Dulu?

DokterSehat.Com– Setelah menikah, ada pasangan yang memilih untuk langsung memiliki keturunan. Namun, cukup banyak pula pasangan yang ingin menikmati waktu berdua terlebih dahulu sebelum disibukkan dengan merawat bayi yang tentu membutuhkan perhatian penuh. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan bagi pasangan sebelum memutuskan untuk segera punya anak atau memilih untuk menundanya terlebih dahulu. Berikut adalah hal-hal yang perlu dipertimbangkan tersebut.

doktersehat-kehamilan-hamil-pregnancy

Dari sisi psikologis
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa hal pertama yang harus dipertimbangkan sebelum memiliki keturunan adalah sisi psikologis. Meskipun membahagiakan, memiliki bayi membutuhkan tanggung jawab yang sangat besar. Hal ini berarti, setiap pasangan harus memastikan apakah mereka benar-benar siap untuk memiliki dan merawat bayi dengan baik atau tidak.

Dari sisi kesiapan fisik
Tak hanya dari sisi psikologis, pasangan juga memperhatikan kesiapan fisiknya, khususnya dari pihak sang wanita yang akan menjalani kehamilan. Jika pasangan tidak memiliki penyakit ataupun gangguan kesehatan apapun yang bisa membahayakan kondisi kesehatan atau kehamilan, maka mereka bisa saja langsung memiliki keturunan. Namun, jika ada kondisi kesehatan tertentu yang bisa membahayakan ibu atau janin nantinya, ada baiknya pasangan menjalani terapi dulu agar benar-benar sudah dalam kondisi yang sehat.

Usia
Bagi kaum hawa, usia paling ideal untuk mendapatkan kehamilan adalah 20 hingga 35 tahun. Jika mereka menunda kehamilan hingga usianya lebih dari 35 tahun, dikhawatirkan mereka bisa mengalami masalah kehamilan atau persalinan. Hanya saja, bagi mereka yang menikah di usia yang sangat muda, menunda kehamilan bisa menjadi pilihan sebelum tubuh benar-benar siap. Namun, jika dari kedua belah pasangan ternyata berasal dari keluarga dengan riwayat susah memiliki anak, ada baiknya mereka tidak menunda kehamilan.

Baca Juga:  Mengapa Pasangan yang Sulit Punya Anak Disarankan Mengadopsi Anak Agar Bisa Cepat Hamil?

Yang perlu dilakukan jika ingin menunda kehamilan
Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk menunda kehamilan, yakni metode pantang berkala atau menggunakan kalender untuk menghitung masa subur, memakai kondom, menggunakan karbon hormonal, dan metode lainnya yang bisa didapatkan setelah berkonsultasi dengan dokter.