Setelah Urine Unta, Kini Air Kencing Sapi Bisa Diminum Juga!

DokterSehat.Com– Beberapa waktu lalu, kita dihebohkan oleh pihak yang mengklaim bahwa kencing unta bisa diminum. Pro dan kontra pun bermunculan akan ide yang sangat tidak biasa ini. Namun, belakangan ini, di India, air kencing sapi juga disebut-sebut bisa diminum karena dianggap memiliki fungsi layaknya obat. Apakah hal ini benar adanya?



Dikutip dari Boldsky, di beberapa wilayah yang ada di India, air kencing sapi memang sudah biasa digunakan sebagai obat. Air ini biasanya dicampur dengan susu, mentega, yoghurt, dan lain sebagainya untuk mengatasi beberapa penyakit berbahaya seperti kanker atau AIDS.

Telah banyak laporan di Negeri Bollywood yang menunjukkan bahwa sebagian orang mengalami perbaikan kondisi kesehatan setelah mengonsumsi urine sapi. Bahkan, cukup banyak toko-toko di India yang kini menyediakan urine sapi dalam berbagai bentuk, baik itu sabun, sampo, pasta gigi, hingga minuman ringan!

Dalam sebuah penelitian, diketahui bahwa urine sapi mengandung 95 persen air dan sisanya adalah urea, mineral, garam, dan berbagai macam enzim ataupun hormon. Meskipun banyak orang yang mengaku mendapatkan manfaat kesehatannya, dalam realitanya penggunaan urine sapi masih menjadi perdebatan banyak pihak.

Penelitian yang dilakukan dengan cara menganalisis 400 sampel urine dari sapi berjenis Gir yang berasal dari Gujarat menghasilkan fakta bahwa terdapat 5.100 komponen dalam urine sapi Gir. Dari seluruh komponen tersebut, 388 diantaranya memiliki potensi untuk dijadikan obat. Menurut para peneliti, meski terlihat jorok, dalam realitanya urine sapi memiliki banyak nilai positif seperti:

  • Memiliki sifat antimikroba
  • Mampu menyeimbangkan tubuh sebagaimana nilai-nilai Ayurveda
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Mampu mengeluarkan racun dalam tubuh
  • Dan lain-lain

Penelitian lain pun sedang dilakukan lebih mendalam demi membuktikan apakah memang urine sapi bisa dijadikan obat atau tidak.

Baca Juga:  Begini Pendapat Menkes Soal Anggapan Minum Kencing Unta Menyehatkan

Anda mau coba minum air kencing sapi?