Setelah Hujan-Hujanan, Lakukan Hal Berikut Agar Tidak Mudah Jatuh Sakit

DokterSehat.Com – Aksi damai hari ini, 2 Desember 2016, menarik perhatian banyak pihak. Tak hanya diikuti oleh ratusan ribu umat manusia, aksi hari ini juga meliputi ibadah Sholat Jumat yang harus dilakukan di bawah guyuran hujan lebat. Turunnya hujan memang menjadi hal yang wajar mengingat kita memang sedang ada di musim hujan. Namun, karena kita terguyur hujan dalam waktu yang cukup lama, ada resiko kita akan terkena masalah kesehatan layaknya pilek, batuk, sakit kepala, demam, hingga rematik. Agar tidak mudah jatuh sakit, ada baiknya kita melakukan hal-hal berikut setelah hujan-hujanan.

doktersehat-anak-kecil-hujan

Segera mandi
Pakar kesehatan menyebutkan jika suhu dari air hujan biasanya jauh lebih dingin jika dibandingkan dengan suhu tubuh kita. Andai kepala kita langsung terpapar air hujan, maka dikhawatirkan suhu dingin ini akan memicu penyempitan pembuluh darah pada kepala dan akan membuat sakit kepala. Andai hal ini dibiarkan, dikhawatirkan kita akan terkena demam. Selain itu, air hujan juga bisa mengandung berbagai bahan kimia dan polusi yang andai tidak segera dibersihkan, bisa memicu masalah kesehatan bagi kulit layaknya gatal-gatal. Karena alasan inilah ada baiknya kita segera mandi setelah hujan-hujanan.

Mencegah rematik dengan berendam air hangat
Bagi mereka yang sudah berumur, hujan-hujanan bisa memicu penyempitan pembuluh darah yang akan membuat masalah sakit punggung atau rematik. Untuk menghindarinya, segeralah berendam pada air hangat yang bisa membuat suhu tubuh menjadi stabil dan mencegah penyempitan pembuluh darah tersebut.

Memakai baju hangat
Mandi akan membuat kita terhindar dari perbedaan suhu tubuh dan penyempitan pembuluh darah yang bisa memicu sakit kepala. Namun, setelah mandi seringkali kita masih merasa kedinginan. Agar tidak mudah jatuh sakit, segeralah memakai baju hangat atau memakai selimut untuk menghangatkan tubuh.

Baca Juga:  Bayi Yang Baru Lahir Bisa Mengalami Hidung Tersumbat

Meminum minuman hangat
Pakar kesehatan menyebutkan jika hujan-hujanan bisa dengan mudah membuat kita terkena flu, pilek, atau batuk. Untuk menghindari hal ini, ada baiknya kita segera mengkonsumsi minuman hangat layaknya teh, kopi, wedang jahe, atau bahkan susu yang akan membuat tubuh menjadi lebih hangat dan lebih nyaman.

Mengkonsumsi suplemen vitamin C
Dengan meminum suplemen vitamin C, kita akan memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tidak akan mudah jatuh sakit.