Setelah ASI Eksklusif, Apakah Anak Perlu Mendapatkan Susu Formula?

DokterSehat.Com– Setelah mendapatkan asupan ASI eksklusif pada enam bulan pertamanya, bayi tentu bisa mulai kita berikan makanan pendamping ASI atau MPASI. Hanya saja, banyak orang tua yang berpikir jika setelah usia tersebut anak juga sebaiknya mulai diberikan susu formula. Hal ini disebabkan oleh banyaknya iklan susu formula yang menjanjikan anak menjadi lebih cerdas dan lebih tidak mudah terkena penyakit. Sebenarnya, apakah susu formula memang perlu diberikan pada anak?

doktersehat-anak-kecil-minum-susu-gizi-nutrisi-bayi-balita

Pakar kesehatan menyebutkan jika meskipun mengklaim mampu membuat anak tumbuh dengan baik, membuat anak cerdas, sekaligus menyehatkan tubuhnya, anak dengan usia lebih dari 1 tahun ternyata tidak perlu minum susu formula. Seorang ahli nutrisi anak dari Singapura bernama Meave Graham menyebutkan bahwa tanpa kita sadari, kandungan nutrisi yang dibanggakan susu formula ternyata juga sudah ada dalam makanan sehari-hari yang biasa dikonsumsi oleh anak. Sebagai contoh, kandungan DHA, taurine, dan juga choline ternyata sudah bisa didapatkan dari ASI dan makanan yang bergizi.

Graham sendiri menyebutkan jika anak ternyata tidak membutuhkan susu formula. Bahkan, karena di dalam susu formula terdapat kandungan gula yang tinggi, dikhawatirkan anak justru akan mudah kenyang setelah mengkonsumsi susu formula dan tidak tertarik untuk makan. Hal ini justru bisa membuat anak tidak mendapatkan asupan gizi yang sangat dibutuhkan dalam tumbuh kembang anak.

Pakar kesehatan lainnya, dr. Han Wee Meng dari KK Women’s and Children Hospital menyebutkan jika andai anak-anak terbiasa minum susu formula, yang terjadi adalah anak akan bergantung pada susu dan membuat mereka semakin kesulitan untuk mengkonsumsi makanan padat. Tak hanya itu, konsumsi susu formula dengan berlebihan bisa membuat mereka lebih beresiko terkena masalah kesehatan layaknya kegemukan atau diabetes.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang anak tidak dibiasakan untuk mengkonsumsi susu formula. Orang tua sebaiknya lebih memperhatikan asupan makanan yang bergizi jika ingin membantu tumbuh kembangnya.