Sering Update Status Media Sosial Bisa Memicu Masalah Kesehatan Ini

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang kerap menyerang masyarakat tanah air adalah nyeri tulang belakang. Yang menjadi masalah adalah, masalah kesehatan ini bisa sangat mengganggu sehingga kita pun tidak akan bisa melakukan kegiatan harian dengan leluasa. Tak disangka, ada beberapa penyebab dari masalah tulang belakang yang ternyata cenderung kerap kita lakukan. Salah satunya adalah kebiasaan update status media sosial via ponsel. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-anak-main-handphone-gadget

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa cara kita bergerak atau memperlakukan tubuh dalam aktifitas sehari-hari berpengaruh besar dari munculnya nyeri punggung. Sebagai contoh, Jon Bongcawel yang berasal dari Physio Med menyebutkan bahwa kebiasaan meng-update status media sosial yang terlalu sering ternyata sangat buruk bagi kesehatan punggung, apalagi jika kita melakukannya dengan postur tubuh tidak dalam kondisi yang ideal.

Gadget seperti ponsel memang telah menjadi salah satu benda yang sangat sulit untuk kita lepaskan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini disebabkan oleh banyak sekali hal yang bisa kita dapatkan saat menggunakannya, baik itu informasi terkini, hingga kemudahan bersapa dengan teman dalam jarak yang jauh. Sayangnya, penggunaannya dengan berlebihan akan cenderung membuat kita lebih sering menunduk dan akhirnya merusak postur tubuh, khususnya pada bagian tulang belakang dan kemudian memicu nyeri.

Beberapa kebiasaan lain yang kerap kita lakukan namun tidak disadari bisa memicu masalah nyeri punggung adalah mencuci piring di tempat dengan keran air yang posisinya terlalu rendah sehingga membuat kita menunduk, menyapu lantai, khususnya yang memiliki gagang cenderung pendek, hingga menonton televisi atau menggunakan laptop dalam waktu yang terlalu lama.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita selalu menjaga postur tubuh tetap dalam kondisi ideal dan tidak berlebihan dalam memakai gadget demi mencegah datangnya masalah kesehatan ini.