Sering Terkena Sariawan? Bisa Jadi Karena Hal Ini

DokterSehat.Com– Sariawan termasuk dalam masalah kesehatan yang cukup sering kita alami. Meskipun ukurannya kecil, sariawan bisa sangat menyiksa dan mengganggu aktifitas sehari-hari kita, khususnya dalam hal berbicara atau makan. Jika kita cenderung kerap terkena sariawan, ada baiknya kita mewaspadai berbagai kondisi ini.

doktersehat-sakit-gigi-sariawan-lubang

Kekurangan vitamin
Kebanyakan orang berpikir jika seringnya sariawan muncul disebabkan oleh kekurangan vitamin C. Padahal, hal ini sebenarnya lebih disebabkan oleh kekurangan vitamin B12. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk lebih banyak mengkonsumsi daging-dagingan atau ikan-ikanan demi memenuhi kebutuhan vitamin ini.

Kekurangan nutrisi
Tak hanya vitamin B12, kekurangan beberapa nutrisi seperti asam folat, zat besi, seng, serta kalsium juga bisa memicu datangnya sariawan. Karena alasan inilah ada baiknya kita selalu menjaga asupan makanan dengan kadar gizi seimbang sehari-hari.

Luka pada mulut
Sariawan seringkali disebabkan oleh luka yang muncul di jaringan mulut. Ada banyak sekali penyebab dari luka ini seperti tergigit, tersodok sikat gigi, penggunaan obat kumur yang tidak tepat, hingga kurang baik dalam menjaga kebersihan mulut.

Menurunnya sistem kekebalan tubuh
Jika sistem kekebalan tubuh kita menurun, maka sariawan juga akan cenderung lebih mudah datang.

Mengkonsumsi buah asam
Makan buah yang cenderung asam seperti jeruk, nanas, dan lemon memang tidak secara langsung memicu sariawan. Hanya saja, jika kita mengkonsumsinya hingga menekan jaringan mulut yang terluka, maka bisa jadi memicu sensasi sakit layaknya terbakar pada mulut.

Jadi, sudah tahu kan cara agar tidak mudah terkena sariawan?