Sering Terbangun Tengah Malam Karena Ingin Buang Air Kecil? Waspadai Gangguan Prostat

DokterSehat.Com – Banyak orang yang menganggap kebiasaan terbangun di tengah malam karena buang air kecil sebagai hal yang wajar. Biasanya, hal ini terjadi karena kita terlalu banyak minum sebelum tidur. Namun, menurut pakar kesehatan, jika kita sering terbangun di tengah malam karena hal ini, ada baiknya kita mewaspadai adanya gangguan prostat. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-toilet-ambeien-wasir-hemoroid

Pakar kesehatan menyebutkan jika sebagian kaum pria yang berusia lebih dari 50 atau 60 tahun cukup sering mengalami buang air kecil di tengah malam sehingga terpaksa untuk bangun dari tidurnya. Meskipun para pria ini memiliki kondisi tubuh yang sehat, dalam realitanya pria dengan usia lebih dari 50 tahun memang memiliki resiko besar untuk mengalami pembesaran prostat. Kondisi ini bisa menyebabkan uretra mengalami tekanan berlebihan sehingga dorongan untuk lebih sering buang air kecil pun cukup tinggi.

Jika kita termasuk orang yang mengalami hal ini, ada baiknya kita tidak membiarkannya begitu saja dan segera memeriksakan diri ke dokter karena dikhawatirkan masalah ini disebabkan oleh penyakit benign prostatic hyperplasia atau cukup disebut sebagai BPH. Tak hanya memicu lebih sering buang air kecil, penyakit BPH ini juga bisa menjadi tanda dari beberapa masalah kesehatan layaknya penyakit jantung, tekanan darah tinggi, gangguan pada pembuluh darah, diabetes, infeksi pada prostat, hingga gangguan tidur. Biasanya, penderita penyakit ini membutuhkan obat-obatan tertentu meskipun cukup banyak orang yang hanya perlu memodifikasi gaya hidupnya demi menurunkan gejala-gejala penyakit tersebut.

Dengan memeriksakan diri ke dokter, maka pria dengan usia lebih dari 50 tahun yang sebelumnya kerap terpaksa terbangun gara-gara ingin buang air kecil pun bisa kembali mendapatkan waktu tidur yang berkualitas.