Sering Terbangun Sesaat Sebelum Alarm Berbunyi? Ternyata Ini Penyebabnya

DokterSehat.Com– Karena berbagai kesibukan yang harus diawali sejak pagi, banyak orang yang memilih untuk memasang alarm agar bisa bangun tepat waktu. Namun, banyak orang yang ternyata kerap terbangun beberapa saat sebelum alarm berbunyi sehingga keheranan atau bahkan menganggapnya sebagai sesuatu yang mistis. Sebenarnya, apa penyebab dari hal ini?

tips cepat tidur

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa selama 24 jam dalam sehari, tubuh kita memiliki jam biologis internal yang dikendalikan oleh bagian otak yang disebut sebagai hipotalamus atau inti suprachiasmatic. Hal inilah yang mengendalikan rutinitas harian tubuh kita.

Sebagai contoh, jika kita terbiasa tidur jam 10 malam dan terbangun jam 5 pagi, maka jam biologis tubuh pun akan menyesuaikan diri dengan ritme tersebut dengan cara mengendalikan kadar protein tertentu yang akan naik dan turun pada waktu-waktu tertentu sehingga akan mempengaruhi tekanan darah serta detak jantung. Tak disangka, jam biologis ini juga akan secara alami akan mengatur tubuh agar bisa segera terbangun di jam-jam dimana kita terbiasa dibangunkan dengan alarm sehingga terkadang sesaat sebelum alarm menyala, tubuh kita sudah bangun terlebih dahulu.

Hal yang sama terjadi jika meskipun kita sudah menyetel alarm, namun kita tetap saja bangun telat atau hanya mematikan alarm dan akhirnya tidur kembali. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang terbiasa tidur dengan durasi seperti biasanya sehingga jika kita tidur terlalu malam, maka tubuh akan “menagih” waktu tidur yang lebih lama dan membuat kita kesulitan untuk terbangun meski sudah memasang alarm.

Jadi, jangan terburu-buru menganggapnya sebagai sesuatu yang mistis terlebih dahulu, terbangun sesaat sebelum alarm berbunyi ternyata wajar terjadi kok.