Sering Terbangun Karena Pipis Bahaya Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Bangun di tengah malam dan berlari-lari ke toilet merupakan hal yang paling menyebalkan. Selain mengganggu waktu istirahat, urgensi kencing di malam hari membuat tubuh jadi lemas. Anda tentu menyalahkan kebiasaan Anda minum di malam hari. Sayangnya, itu bukan satu-satunya alasan seseorang kebelet kencing di tengah malam.

3

Sebuah penelitian dilakukan oleh European Association of Urology tentang terbangun karena pipis di malam hari. Kedengarannya hal yang normal dan biasa, namun ternyata hal ini bisa dibilang sebagai pemicu problem kesehatan lain bagi manusia.

  • Menurunkan produktivitas
    Terbangun pipis di malam hari akan membuat tidur jadi kurang nyenyak dan kualitasnya menurun, alhasil produktivitas keesokan harinya jadi berkurang. Anda seperti merasa kelelahan, mengantuk, tidak bernafsu dan emosi naik turun.

    Bahkan, konsentrasi juga berkurang akibat terbangun tadi. Memang sih hanya memakan waktu beberapa menit saja, tetapi beberapa menit tersebut ternyata penting karena telah menghentikan istirahat otak dan tubuh dengan mendadak. Mereka yang terbiasa terbangun ini, akan mengalami hal yang sama berturut-turut, sehingga kemudian muncul gangguan kesehatan seperti sakit kepala, atau gejala flu.

  • Gejala insomnia
    Kebiasaan buruk ini bisa juga menjadi gejala insomnia. Membuat orang akhirnya enggan tidur kembali dan begadang sampai pagi. Terutama beberapa orang yang punya kesulitan tidur, biasanya akan membuatnya mencari kegiatan untuk dilakukan setelah terbangun. Beberapa hari saja kebiasaan ini dilanjutkan maka Anda segera bergabung dengan klub insomnia.
  • Angin duduk
    Kasus ini mungkin langka terjadi, tetapi jadi sering terdengar karena diam-diam menjadi pembunuh tanpa suara, angin duduk ini biasanya menyerang mereka yang sering beraktivitas di malam hari atau di luar ruangan dalam suhu yang rendah.

    Masih belum bisa dijelaskan secara detail bagaimana seseorang bisa terkena angin duduk ini. Tetapi, dokter menyarankan agar setiap orang punya kecukupan tidur dan kualitas tidur yang baik sehingga problem seperti angin duduk tidak sampai menyerang.

  • Paru-paru basah
    Lebih baik jangan terlalu sering begadang, tubuh butuh beristirahat setiap hari setidaknya 8 jam sehari untuk memulihkan energi setelah beraktivitas seharian. Dan melek di malam hari membuat angin malam mengganggu kesehatan.

    Yang paling sering dialami oleh mereka yang begadang adalah paru-paru basah, akibat masuknya angin malam ke dalam tubuh. Kelembaban tersebut seringkali ditangkap tubuh dan tidak bisa keluar, sehingga tak heran apabila keluhan di paru-paru yang paling sering didengar.

Disarankan agar tidak sering pipis tengah malam agar minum air maksimal 1 jam sebelum tidur sehingga ada waktu bagi tubuh melakukan pembuangan sebelum beristirahat.