Sering Terbangun di Malam Hari? Ini Penyebabnya

DokterSehat.Com – Semua orang tentu menginginkan waktu istirahatnya di malam hari menjadi istirahat yang nyenyak dan tenang. Dengan beristirahat nyenyak dan tenang, kita bisa mendapatkan kesegaran di pagi hari sehingga kita pun bisa mendapatkan energi yang cukup untuk melakukan aktivitas di pagi hari. Sayangnya, banyak orang mengeluhkan kondisi dimana saat dini hari mereka tiba-tiba terbangun dan susah untuk tidur kembali. Hal ini tentu akan mengurangi kualitas tidur dan kita pun akan terbangun dengan rasa yang kurang fit dan bugar. Apa sajakah penyebab dari bangun di dini hari saat tertidur?

doktersehat-tidur-lampu-menyala

Pakar kesehatan yang mempelajari tentang kebiasaan tidur berkata bahwa saat tidur, kita mengalam fase dimana tidur sangatlah nyenyak dan sangat dalam, dan kemudian berlanjut dengan tidur dengan kesadaran, dan kemudian tidur ringan. Yang menjadi masalah adalah, ada beberapa orang yang tidur dengan melompati fase tidur dengan kesadaran dan dari tidur yang dalam langsung ke tidur ringan sehingga membuatnya terbangun di dini hari dan sulit untuk terpejam kembali.

Beberapa orang yang mengalami gangguan tidur bisa mengalami hal ini. Sleep apnea, gangguan tidur yang menyebabkan seseorang tidka bernafas selema beberapa detik bisa memaksa seseorang terbangun sendiri dan pada akhirnya akan terjaga selama beberapa saat. Selain itu, jika tubuh tiba-tiba mengalami masalah layaknya perut yang melilit atau perut kembung, maka kita pun bisa langsung terbangun saat tidur di malam hari. Stress dan banyaknya kecemasan yang dipikirkan juga akan mudah membuat tubuh terbangun saat dini hari. Selain itu, yang paling umum dirasakan oleh tubuh dan memaksa kita terbangun adalah keinginan untuk buang air kecil dengan segera.

Baca Juga:  Kebaikan di Balik Pahitnya Pare

Pernahkah anda terbangun karena adanya suara bising atau cahaya menyilaukan yang tiba-tiba ada saat kita tidur? Faktor lingkungan juga menjadi penyebab mengapa seseorang bisa terbangun saat tidur. Untuk menghindari hal ini, ada baiknya kita membuat kamar tidur yang senyaman mungkin dan terisolasi dengan berbagai hal-hal yang bisa mengganggu waktu tidur sehingga tidak akan mendengar suara gaduh yang bisa saja muncul dari jalanan yang bisa membuat kita terbangun.