Sering Sariawan? Cobalah Ganti Pasta Gigi

DokterSehat.Com – Sariawan atau dikenal juga dengan ulkus mulut terjadi di gusi, bagian dalam pipi dan bibir (di mana saja pada bagian dalam mulut). Sariawan walaupun sangat mengganggu kerap terjadi dan biasanya hilang dalam satu atau dua minggu.



Umumnya kondisi ini disebabkan oleh trauma, alergi, atau stres. Meski begitu menurut berbagai penelitian, semacam deterjen yang sodium lauryl sulfate (SLS), boleh juga ikut dipersalahkan.

SLS adalah zat kimia yang berfungsi menghasilkan busa pada hampir semua pasta gigi, sabun, sampo dan alat-alat pembersih berbusa lain. Salah satu teori mengapa zat itu bisa ikut dipersalahkan, menurut DR. Kenneth Burrell, D.D.S., dari American Dental Association, SLS mengeringkan cairan pelindung pada mulut yang mengakibatkan luka lama mulut makin parah.

Bila Anda sering mengalami luka di mulut yang menyakitkan, ganti dulu pasta gigi Anda dengan pasta gigi yang tidak mengandung SLS, misalnya pasta gigi yang terbuat dari bahan-bahan alami, katanya seperti dikutip kats, Kamis (31/10/2013).

Belum diketahui apakah di Indonesia sudah ada pasta gigi yang terbuat dari alami. Tapi seperti sudah umum ketahui, karena jelas berasal dari alam, kayu Siwak yang juga berfungsi sebagai pasta gigi, pasti tidak mengandung SLS.

BACA JUGA : Seputar Mengenai Ikan Buntal / Fugu / Kembung