Sering Pakai Sepatu Hak Tinggi Bikin Payudara kendur?

Doktersehat.com – Bagi wanita memakai sepatu hak tinggi akan menambah daya tarik mereka. Namun dibalik daya tarik itu ternyata sepatu hak tinggi dapat menimbulkan gangguan kesehatan bagi tubuh. Mulai dari masalah pada kaki sampai dengan masalah pada payudara.



Ketika wanita mengenakan sepatu hak tinggi tubuhnya akan cenderung condong ke depan sepanjang waktu, sehingga otot dada akan menegang dan menarik maju bahu wanita secara permanen. Hal ini dapat mengurangi keindahan postur tubuh. Lebih buruk lagi, badan yang membungkuk ke depan juga dapat memberi tekanan pada tulang belakang bagian atas, yang mengarah ke leher, punggung, dan nyeri bahu.

Seperti dilansir prevention, Kamis (11/10/2012) perbaiki postur tubuh dengan cara sederhana berikut:

1. Duduklah dengan posisi yang tepat
Posisi duduk yang tidak tepat akan semakin memperburuk kondisi otot dada yang mengendur karena penggunaan sepatu hak tinggi yang terlalu lama. Oleh karena itu, duduklah dengan tegap dan tarik bahu Anda ke belakang setiap kali tubuh mulai membungkuk.

2. Melakukan latihan pinggul
Latihan menguatkan otot pinggul juga dapat memperbaiki otot dada yang kendur. Berbaringlah dalam posisi telentang di lantai dengan lutut ditekuk dan telapak kaki rata dengan lantai. Rentangkan lengan di kanan dan kiri tubuh dan angkat pinggul Anda sehingga tubuh membentuk garis lurus dengan bahu dan lutut. Tahan posisi tersebut selama 5 detik, lalu turunkan tubuh kembali ke posisi awal. Lakukan latihan ini sebanyak 12 kali gerakan tiap setnya dan ulangi hingga 2 sampai 3 set setiap hari untuk mengencangkan otot pinggul.

3. Regangkan otot dada
Lakukanlah peregangan sederhana dengan menempatkan lengan kanan Anda pada kusen pintu dengan siku ditekuk membentuk sudut 90 derajat terhadap badan. Hal ini dapat membantu mengendurkan otot-otot dada yang menjadi pendek dan menegang karena merosot. Melangkahlah melewati pintu dengan posisi lengan masih di kusen pintu dan rasakan peregangan di bagian dada dan bahu bagian depan. Tahan selama 30 detik, kemudian ulangi dengan lengan kiri. Lakukan sebanyak 4 set latihan dalam sehari untuk mengencangkan kembali otot dada dan payudara kembali indah.

Baca Juga:  Mengetahui Apa Itu Trypophobia

Dari berbagai sumber