Sering Pakai Pakaian Terbuka, Waspada Kanker Kulit

DokterSehat.Com – Waspadalah jika Anda senang berpakaian terbuka di luar ruangan. Pakaian terbuka memang cocok digunakan saat cuaca panas. Dalam kasus ini, wanita yang sering memakai pakaian terbuka di bawah terik matahari rentan terkena kanker kulit. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat mengakibatkan kanker kulit. Di Inggris lebih dari 2.000 orang meninggal setiap tahun akibat melanoma maligna yakni bentuk kanker kulit paling mematikan. Kebiasaan berjemur sepanjang hari pada saat  musim panas menjadi salah satu faktor penyebabnya.

doktersehat-wanita-kanker

Agar terhindar dari kanker kulit, pakailah tabir surya dengan perlindungan matahari (SPF) minimal 15 setiap akan berada di luar ruangan. Jangan gunakan pakaian terlalu terbuka saat matahari tengah bersinar terik. Pakailah payung atau pakaian yang tertutup untuk menghindari paparan sinar matahari berlebih.

Walaupun sudah memakai tabir surya, Anda belum tentu dapat terhindar dari bahaya kanker kulit. Tetaplah waspada dengan memperhatikan gejala yang timbul pada kulit Anda. Kanker kulit biasanya tumbuh di epidermis (lapisan paling luar kulit) sehingga kanker kulit merupakan kanker yang stadium awalnya paling mudah dideteksi. Kanker jenis ini lebih banyak menyerang kulit putih dibandingkan kulit berwarna.

Secara umum, kanker kulit dibagi menjadi dua kelompok yaitu non-melanotik dan melanotik (melanoma). Non-melanotik terbagi menjadi basalioma (karsinoma sel basal) dan karsinoma sel skuamosa. Basalioma  paling sering terjadi tetapi pertumbuhannya lambat.

Biasanya tumor ini timbul di kulit muka (hidung, kelopak mata, kulit bibir dan dahi). Pertumbuhannya dimulai dengan nodul kecil dengan warna kelabu merah berkilat, kadang berwarna kehitam-hitaman karena adanya pigmen. Jenis kanker ini jarang melakukan metastatis.

Sedangkan karsinoma sel skuamosa dapat tumbuh dimana saja. Tetapi lebih banyak timbul di pipi, daun telinga, punggung, tangan dan kaki. Jenis kanker ini tumbuh progresif tetapi lambat, menginvasi pada jaringan di sekitarnya, dan dapat melakukan metastatis. Pertumbuhannya dimulai dari bentuk seperti kutil yang berkelompok, kemudian berbentuk tidak teratur, berbenjol-benjol dan mudah berdarah.

Baca Juga:  Kerja Lebih dari 8 Jam Sehari Picu Sakit Jantung

Kanker kulit jenis melanoma merupakan tumor paling ganas pada kulit yang berasal dari melanosit yaitu sel kulit yang menghasilkan pigmen melanin. Biasanya terjadi pada leher, kaki, dan punggung. Gejala pertumbuhan melanoma dapat dilihat dari perubahan tahi lalat yang membesar dengan cepat, gatal, menjadi radang, perdarahan, serta terjadi perubahan warna dan tekstur.