Sering Nyeri Tumit Tak Tertahankan? Ini Penyebabnya

nyeri kaki-doktersehat

DokterSehat.Com– Tumit menopang berat badan saat kita berdiri, berjalan, hingga berlari. Saat tumit mulai lelah menopang beban yang ada di atasnya, kita akan mengalami nyeri pada bagian telapak atau pergelangan kaki hingga berhari-hari.

Nyeri yang dirasakan oleh tumit terjadi karena ada peradangan. Bagian depan atau telapak kaki biasanya mengalami peradangan fasia telapak kaki atau Plantar fasciitis. Selanjutnya, bagian belakang atau pergelangan mengalami peradangan tendon Achilles atau Achilles tendinitis.

Plantar fasciitis
Jaringan fasia atau selubung otot banyak terdapat pada telapak kaki. Jaringan ini menghubungkan tumit dan tulang pada jari kaki. Saat berjalan, fasia akan menyerap getaran dan mempertahankan kelengkungan kaki. Kalau kaki terlalu banyak digunakan untuk berjalan atau berlari fasia bisa meregang dan robek.
Saat fasia robek, kaki akan merasan nyeri. Saat berjalan, seluruh permukaan kaki akan terasa sakit. Plantar fasciitis akan sembuh seiring dengan berjalannya waktu. Kalau rasa sakit semakin tidak tertahankan Anda disarankan menggunakan krim otot atau obat pereda nyeri yang dianjurkan dokter.

Achilles tendinitis
Achilles tendinitis terjadi saat tendon achilles yang menghubungkan otot betis dan tulang tumit mengalami peradangan. Saat seseorang berlari terlalu keras, berjalan terlalu jauh, atau terjatuh dengan posisi berdiri, tendon akan tertekan dan menyebabkan rasa sakit.

Tendon achiless memiliki struktur yang cukup lemah dan sering mengalami cedera. Untuk itu, Anda disarankan untuk lebih hati-hati saat berjalan atau tidak melupakan pemanasan saat akan lari atau latihan beban yang berfokus pada kaki.

Dua gangguan di atas biasanya akan hilang seiring dengan berjalannya waktu. Namun, ada kalanya gangguan tidak kunjung hilang setelah beberapa hari.

Jika Anda tetap merasakan nyeri hebat disertai pembengkakan, tidak mampu berjinjit, telapak kaki tidak bisa menekuk, tidak bisa berjalan normal, atau sakit terjadi lebih dari seminggu, segera kunjungi dokter.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik