Sering Menggunakan Tisu Basah Untuk Membersihkan Kulit Bayi? Waspada Munculnya Ruam-Ruam

DokterSehat.Com – Kulit bayi memiliki kondisi yang jauh berbeda jika dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Kulit bayi cenderung lebih sensitif sehingga harus mendapatkan perawatan dan penanganan yang lebih baik. Pakar kesehatan menyebutkan jika banyak orang tua yang kurang memperhatikan kondisi kulit bayi yang berbeda ini sehingga mereka bisa dengan enteng menggunakan tisu basah untuk membersihkan kulit bayi saat buang air. Meskipun memang terlihat praktis, penggunaan tisu basah ini ternyata bisa memicu reaksi alergi atau ruam-ruam pada kulit bayi.

doktersehat-bayi-tertawa

Pakar kesehatan yang berasal dari laboratorium Health, Beauty, and Environmental Sciences yang ada di Good Housekeeping Institute, menyebutkan jika tisu basah ternyata memiliki bahan pengawet methylisothiazolinone (MI) yang bisa memicu ruam-ruam pada kulit bayi andai terlalu sering digunakan. Sabina Wizeman, ilmuwan senior dari laboratorium ini, menyebutkan jika selain pada tisu basah, bahan MI ini juga bisa ditemukan pada lotion khusus bayi sehingga harus diwaspadai oleh orang tua.

Wizeman melanjutkan jika kandungan MI juga bisa ditemukan pada shampoo atau kondisioner khusus bayi. Namun, mengingat kadar kandungan ini pada kedua produk terakhir cenderung minimum, maka shampoo dan kondisioner masih cukup aman untuk digunakan oleh bayi jika dibandingkan dengan tisu basah.

Sebenarnya, pakar kesehatan sudah mewaspadai bahaya dari kandungan MI ini semenjak tahun 1994. Pada saat tersebut, ditemukan sebuah hasil penelitian yang menyebutkan jika kandungan MI memang bisa memicu reaksi alergi. Sayangnya, masih banyak produsen perawatan kulit yang menggunakan produk ini dengan dalih hanya memakainya dalam jumlah yang sangat kecil.

Melihat begitu berbahayanya kandungan MI ini bagi kesehatan kulit bayi, Uni Eropa sendiri sudah memutuskan untuk melarang penggunaannya sebagai bahan pengawet pada berbagai produk make-up. Selain itu, kini banyak produsen produk perawatan bayi juga sudah meninggalkan kandungan ini karena tidak ingin menimbulkan masalah kesehatan bagi pelanggannya. Kita pun kini harus lebih selektif dalam memilih produk perawatan kulit bayi yang tidak memakai kandungan MI ini agar tidak akan menimbulkan masalah ruam-ruam atau alergi pada kulit sang buah hati.