Sering Menenggak Alkohol Menyebabkan Resiko Kanker Lambung Meningkat Tajam

DokterSehat.Com – Sudah menjadi rahasia umum jika konsumsi alkohol adalah salah satu hal yang sangat tidak bijak untuk dilakukan. Bagaimana tidak, minuman yang kerap dianggap sebagai minuman untuk melawan stress ini bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Belakangan ini, laporan yang dikeluarkan oleh Dana Penelitian Kanker Dunia atau WCRF mengungkapkan adanya kaitan erat antara konsumsi minuman beralkohol dengan meningkatnya resiko kanker lambung.

doktersehat-tukak-lambung-Ulkus-Peptikum-kanker

WCRF melakukan sebuah penelitian dan mengungkapkan sebuah fakta mengejutkan jika seseorang mengkonsumsi minuman beralkohol 45 gram saja setiap harinya, maka resiko terkena kanker lambung akan meningkat tajam. Resiko ini bahkan akan sangat besar terjadi pada pria, mereka yang memiliki hobi merokok atau mereka yang merupakan mantan perokok. Selain minuman beralkohol, mereka yang rutin mengkonsumsi daging olahan layaknya bacon atau hot dog dengan kadar 50 gram setiap harinya juga akan meningkatkan resiko terkena kanker lambung ini hingga 18 persen. Selain itu, mereka yang memiliki masalah kelebihan berat badan atau obesitas juga cenderung semakin beresiko terkena penyakit berbahaya ini.

Sebuah penelitian lain yang dilakukan oleh Imperial College London melibatkan setidaknya 17,5 juta orang berusia dewasa dan juga sekitar 77 ribu kasus kanker lambung di berbagai tempat. Dari penelitian ini, diketahui bahwa cara diet seseorang, kadar gizi yang dikonsumsi setiap hari, rutinitas aktifitas fisik, hingga berat badan seseorang ternyata memiliki kaitan erat dengan meningkatnya resiko terkena kanker, khususnya kanker lambung. Untungnya, penelitian ini juga mengungkapkan jika konsumsi jeruk dengan rutin ikut berimbas pada menurunnya resiko terkena kanker lambung.

Pakar kesehatan menyebutkan jika apa yang kita makan bisa berpengaruh besar pada kondisi kesehatan kita. Beberapa makanan yang berbahaya layaknya minuman beralkohol memang sudah tidak semestinya kita konsumsi lagi demi kesehatan lambung kita.