Sering Menahan Kencing Akan Memicu Penyakit Batu Ginjal

DokterSehat.Com – Tidak sedikit orang yang malas atau enggan hanya untuk bolak-balik ke toilet demi sekedar buang air kecil. Padahal, kebiasaan itu bisa membahayakan kesehatan, termasuk ancaman datangnya penyakit ginjal.



Ginjal adalah organ tubuh yang berfungsi untuk menyaring darah dan mengeluarkan produk-produk sisa yang akan disalurkan dan disimpan di kandung kemih untuk selanjutnya dibuang dalam bentuk urine.

Selain mengeluarkan berbagai zat yang tidak berguna untuk tubuh, Dr. Ari juga menambahkan jika ginjal dapat berperan dalam menyeimbangkan jumlah cairan dan elektrolit yang ada dalam darah. Jika terjadi gangguan keseimbangan terhadap cairan dan pembuangan tersebut, bisa jadi muncul ancaman gangguan kesehatan ginjal. Salah satu masalah yang biasanya muncul adalah batu ginjal.

Dr. Ari mengatakan jika salah satu penyebab seseorang menderita batu ginjal adalah kurangnya minum air putih dalam sehari. Seseorang disarankan untuk mengonsumsi air putih setidaknya 8 gelas dalam sehari. Adapun penyebab lainnya seseorang menderita penyakit ginjal adalah ‘gemar’ menahan buang air kecil. Hal ini mengakibatkan terjadinya penyakit batu ginjal. Maka dari itu, menurut Dr. Ari, solusi terbaik mencegah penyakit batu ginjal adalah dengan memenuhi kebutuhan air setiap harinya dan jangan sering menahan buang air kecil.

Dengan memenuhi asupan air putih sesuai yang disarankan, maka kebutuhan cairan dalam tubuh juga akan terpenuhi. Selain itu, keseimbangan di ginjal bisa berjalan dengan lancar. Anda sebaiknya juga mewaspadai saat terjadi gejala-gejala yang tidak biasa dalam keseharian. Hal yang demikian dapat menjadi pertanda bila anda tengah mengalami batu ginjal, dimana salah satu tandanya bisa anda temui ketika warna air seni berubah dan berbeda dari biasanya. Tanda-tanda awal seseorang menderita batu ginjal adalah ketika orang tersebut merasa air seninya berubah warna (merah) dan sering mengalami pegal-pegal di bagian pinggang.